Garuda Wisnu Kencana Bali

0
134

Bali punya banyak objek wisata menarik selain jajaran pantainya yang mempesona, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau yang biasa disebut GWK adalah salah satunya. GWK merupakan taman wisata di bagian selatan pulau Bali, tepatnya di Tanjung Nusa Dua, kurang lebih 40m di sebelah selatan kota Denpasar, lokasinya berada di dataran tinggi dengan unsur batu kapur yang cadas . GWK adalah jendela seni dan budaya Pulau Dewata, dengan didukung panorama alam yang menganggumkan, diharapkan objek wisata yang satu ini bisa menjadi sebuah taman budaya serta ikon pariwisata Bali dan Indonesia. Rencana di area ini akan diisi maskot Bali berupa patung Dewa Wisnu, patung Garuda yang berukuran raksasa. Saat ini Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur . Di bagian sisi lain terdapat tangan Dewa Wisnu.

gwk-cultural-park

Beberapa bagian tempat rekreasi yang bisa anda kunjungi antara lain :

  • Street Theater

Ini adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Garuda Wisnu Kencana, disini terdapat banyak toko pernak pernik dengan produk beragam yang menarik serta tempat makan dengan sajian menu menggiurkan khas Bali.

  • Wisnu Plaza

Sementara, ini merupakan bagian paling penting dalam area wisata, jika cuaca sedang bagus dengan langit yang cerah anda akan melihat dengan megah patung Dewa Wisnu sebagai latar belakang beberapa aktivitas tradisional. Sebagai titik pusat dari Wisnu Plaza, patung ini dikelilingi air mancur dan air sumur yang konon kabarnya tidak akan pernah kemarau tiba, di sebelah patung Wisnu juga terdapat Parahyangan Somaka Giri yang oleh masyarakat setempat dipercaya membawa berkat dengan kekuatan magis yang kuat mampu menyembuhkan penyakit serta sebagai tempat meminta kepada para dewa hujan saat musim kemarau.

  • Lotus Pond
Baca Juga:  Menikmati Jogja Dari Ketinggian

Lotus Pond adalah area outdoor terbesar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) karena ukurannya yang super luas, area ini cocok untuk dipakai acara-acara besar seperti misalnya konser musik, partai besar, pertemuan nasional dan lain-lain. Tempatnya unik dengan pilar dari batu kapur dengan patung Garuda megah sebagai latar belakangnya. Lotus Pond terinspirasi bunga Teratai yang diyakini umat Hindu sebagai simbol kemakmuran, keindahan, serta kesuburan.

  • Indraloka Garden

Cocok untuk dijadikan spot acara yang tidak terlalu besar seperti misalnya pesta pernikahan, reuni, ulang tahun, dan lainnya. Diberi nama Indraloka karena memiliki panorama yang indah.

  • Tirta Agung

Disinilah letak patung tangan Dewa Wisnu yang memang terpisah dari patung tubuhnya.  Area ini juga bagus untuk dipakai acara berskala kecil menengah.

  • Amphitheatre

Setiap sore anda bisa menyaksikan pertunjukkan tari kecak yang terkenal itu dengan gratis disini, mulai sekitar pukul 18.00 – 19,30 WIB

images

Sebenarnya area GWK yang memiliki luas keseluruhan 200Ha ini belum selesai sempurna pengerjaannya. Belum selesai saja sudah unik apalagi sudah benar-benar selesai peggerjaannya,mega pro karena ya…objek wisata yang layak disebut mega proyek ini butuh dana dan konsentrasi yang tidak sedikit penyempurnaannya. Namun bagaimanapun juga, area ini tetap menarik untuk dikunjungi. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: industri.petra.aotc.id; potlot-adventure.com; viewbali.com)

BAGIKAN
Berita sebelumyaPesona Kekayaan Raja Ampat
Berita berikutnyaLumpia Semarang

Tinggalkan Komentar