Mengunjungi Pura Luhur di Uluwatu, Bali

0
38

Bali memang tidak pernah habis untuk dieksplor, objek wisatanya banyak dan beragam sehingga membuat kita tidak bosan mengunjungi kota wisata yang juga disebut Pulau Dewata ini. Anda tentu sudah tidak asing dengan daerah Uluwatu, Bali, dimana terdapat objek wisara Pura Luhur Uluwatu yang letaknya di atas anjungan batu karang yang tinggi dan terjal. Dibawahnya terpampang hamparan air laut nan biru pantai Pecatu yang kerap dipakai untuk surfing oleh para surfer “penakluk ombak”. Uluwatu terletak di bagian Selatan Jimbaran, anda memerlukan waktu kira-kira 45 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar untuk mencapai lokasi ini. Deburan ombak berpadu dengan syahdunya sunset / momen matahari tenggelam menjadi salah satu daya tarik objek wisata di daerah ini.

Pantai di Uluwatu seperti yang sudah disebutkan tadi, terkenal memiliki ombak yang tinggi, ini tentunya bagaikan surga bagi peselancar profesional yang tentunya suka tantangan untuk “menaklukan” gulungan ombak. Di sepanjang perairan daerah ini terhampar beberapa pantai cantik lainnya yang terhubung dengan perairan Uluwatu, salah satunya yakni pantai Dreamland. Selain wisata pantai, anda pun harus ke Pura Luhur Uluwatu, sesuai dengan namanya Uluwatu yang artinya ujung / atas/ puncak batu, pura ini letaknya diatas tebing yang setinggi 95 meter di atas permukaan laut.

uluwatu_bali

Menurut catatan sejarah, tempat ibadah umat Hindu ini didirikan pada abad 11 dan salah satu yang tertua di pulau Bali. Letaknya yang persis menghadap luasnya samudera dimaksudkan sebagai pemujaan akan keindahan dan ruh laut yang menghuni pulau Bali, di sekitar pura banyak tumbuh tanaman yang tidak hanya asri dipandang namun juga dimaksudkan untuk menjaga kesucian pura, anda juga akan bertemu banyak habitat promata (monyet) yang berkeliaran bebas di area pura. Di malam hari, anda akan disuguhi performa Tari Kecak yang ditampilkan di tanah Pura ini setiap harinya. Ada banyak penginapan / hotel juga resto dengan berbagai sajian menu menarik bisa anda singgahi di daerah Uluwatu yang dekat dengan objek wisata ini seperti misalnya Trattoria Uluwatu, Wismasari Resto, Surfers Warung. So, jangan lewatkan agenda kunjungan ke Pura Luhur Uluwatu ataupun jajaran pantai di sekitarnya. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: balipackagetour.com; trekearth.com)

Tinggalkan Komentar