Taklukkan Ombak Pantai Plengkung, Banyuwangi – Jawa Timur

1
39

Lebih dikenal juga dengan nama G-Land (diambil dari Teluk Grajagan, nama teluk di area pantai) Pantai Plengkung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten banyuwangi, Jawa Timur ini merupakan salah satu dari tujuh destinasi surfing terbaik di dunia kecintaan para surfer. Untuk kita mungkin pantai-pantai di Bali atau di Lombok lebih akrab di telinga dibanding pantai ini, namun bagi mereka khususnya yang memiliki hobi berselancar baik peselancar profesional maupun tidak, asal mancanegara maupun domestik, pantai Plengkung bukanlah nama yang asing, bahkan dianggap salah satu surga untuk menyalurkan hasrat akan menundukkan ombak.

plengkung[1]

Tempat ini jadi favorit para surfer karena terkenal memiliki ombak yang tinggi, tingginya ombak di Pantai Plengkung bisa mencapai 6-8 meter, bayangkan! Tidak heran bila pantai ini juga pernah dijadikan lokasi untuk lomba selancar tingkat internasional.

Selain seru untuk digunakan berselancar, tentunya pantai ini memiliki panorama yang cantik, airnya biru, udaranya sejuk, apalagi memperhatikan alam di taman nasional Alas Purwo dimana banyak beraneka ragam satwa liar yang dilindungi hidup disana, sedangkan bagi anda yang khusus datang ke Pantai Plengkung untuk berselancar, waktu yang baik untuk berselancar adalah sekitaran bulan Juli – September tiap tahunnya, di waktu-waktu tersebut ketinggian ombak amat maksimal, tidak heran bila yang datang kemari kebanyakan turis asing.

plengkung (2)

Untuk sampai ke G-Land ini, bila dari kota Surabaya anda langsung saja menuju kota Banyuwangi, dari Banyuwangi ambil arah Selatan melewati kecamatan Rogojampi, Kec. Srono, Kec.Muncar. Kec.Tegaldimo yang kira-kira memakan waktu hingga 2 jam. Dari Kec.Tegaldimo ke taman Nasional Alas Purwo membutuhkan waktu sekitar 1 jam, untuk sampai ke area pantai anda harus menyewa jip yang banyak ditawarkan untuk mengantar anda sampai lokasi. Perjalanan yang tidak mudah ini makin menjadi pelengkap bagi mereka yang hobi berselancar, karena pengalaman seru yang akan di dapatkan setelah itu sungguh luar biasa. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: nihonongodaigaku.wordpress.com; catatanhujan.blogspot.com; enkrenkdmt.blogspot.com)

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar