Pulau Berhala, Rasakan Pengalaman Bagai di Pulau Pribadi

0
119

Pulau Sumatera juga punya menyimpan banyak sekali obyek wisata alam yang menggoda dan menarik untuk dikunjungi. Di Sumatera Utara selain Air Terjun Sipiso-piso atau Danau Toba, anda harus tahu cantiknya Pulau Berhala yang juga difungsikan sebagai salah satu tempat penangkaran penyu di Indonesia. Berekreasi ke pulau ini serasa private island anda akan benar-benar merasakan liburan yang sebenar-benarnya karena tidak adanya aliran listrik maupun koneksi bagi telepon seluler anda, karena belum banyaknya pengunjung atau wisatawan yang datang kemari. Pulau yang memiliki luas sekitar 5 hha ini berada di wilayah Tanjung Beringin, Sumatera Utara, jaraknya kurang lebih 70 km dari Belawan Medan.

pulau-berhala-1

Daya tariknya jelas kebersihan area pulau yang terjamin, lautnya berair jernih, serta alam tropis yang masih alami, ditambah lagi pulau ini dijaga Marinir juga TNI Angkatan Laut sehingga terjaga keamanannya. Anda bisa berenang, snorkeling menikmati pemandangan bawah lautnya yang eksotis, berfoto, memancing, serta menyaksikan aktivitas penyu yang memang dikembangbiakkan di wilayah pulau ini, biasanya penyu bertelur di malam hari, jika anda beruntung anda bisa melihat kawanan penyu menggali pasir untuk menyimpan telur-telur mereka. Serunya lagi ada menara mercusuar untuk melihat pemandangan lebih luas lagi lho, karena tidak ada penduduk tinggal di pulau ini, untuk perbekalan atau konsumsi baiknya anda siapkan sendiri, dengan tetap menjaga kebersihan kawasan pulau serta membawa kembali pulang sampah tak terpakai milik anda.

Untuk bisa sampai ke Pulau Berhala ini, anda berangkat dari kota Medan ke kecamatan Tanjung Beringin selama kurang lebih 2 jam,

pulau-berhala3

lalu lanjut ke Pulau Berhala dengan menyewa kapal nelayan dengan jarak tempuh sekitar 4 jam untuk tiba di dermaga Pulau Berhala. Jika anda menggunakan bus, ambil rute menuju jalan besar Sei Rampah dengan perjalanan kurang lebih 1 jam kemudian ke perkampungan nelayan dengan menggunakan ojek / angkutan umum lainnya, dari sana anda bisa menyewa kapal nelayan untuk menyeberang ke Pulau Berhala dengan harga yang relatif tinggi mulai Rp. 900.000,- tergantung kesepakatan negosiasi anda ya. Anda harus mengantongi surat ijin dari Marinir atau petugas yang berwenang dan bertugas di kantor Serdang Berdagai sebelum berangkat, jika anda berencana menginap, diskusikan dengan petugas yang berkepentingan perihal prosedur menginap yang sesuai aturan keamanan. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: uniqpost.com; panoramio.com; awesomearchipelago.wordpress.com)

Baca Juga:  Ini yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Memutuskan Untuk Menikah (1)

Tinggalkan Komentar