Melepas Penat di Segarnya Curug Cimahi

0
40
Foto : cariduit-dot.blogspot.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Wilayah Bandung punya objek wisata air terjun / curug yag tertinggi yakni Curug Cimahi yang memiliki ketinggian sekitar 87 m. Curug Cimahi berasal dari aliran Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang dan mengalir ke kota Cimahi. Cimahi itu artinya cukup air, ini terlihat dari curug yang debit airnya tidak pernah berubah di musim apapun, unik bukan. Letak Curug Cimahi berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kalau dari kota Cimahi sendiri jaraknya berkisar 10 km atau sekitar 1 jam dari Kota Bandung. Jika anda memilih rute dari kota Bandung menggunakan kendaraan pribadi / travel, cukup menyusuri kalur Cihideung menuju Cisarua, lokasi curug memang relatif mudah dijangkau, bila dari pusat Cimahi, lewat jalan Sersan Bajuri menuju ke Terminal Parongpong. Pintu masuk Curug Cimahi terletak tepat di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi sehingga tidaklah sulit untuk mencarinya.

Kalau naik kendaraan umum, naiklah angkutan umum jurusan Ledeng –Sukasari, dari terminal Sukasari anda harus berjalan kaki sekitar 20 menit saja atau naik angkutan umum lagi jurusan Cisarua – Lembang. Ada banyak alternatif untuk mencapai curug ini memang, lainnya lagi bila dari stasiun kota anda tinggal naik angkutan umum jurusan Lembang-Cisarua yang bisa turun persis di depan gerbang masuk Curug Cimahi, dari sini anda hanya butuh berjalan kaki dengan medan berkelok serta menyusuri ratusan anak tangga menuju lokasi curug, tak jarang anda akan bertemu monyet-monyet liar yang merupakan habitat asli kawasan curug ini. Harga tiketnya relatif terjangkau, kisaran Rp. 10.000-20.000/orang saja, dan dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Baca Juga:  Taman Rekreasi Selecta, Wisata Alam dan Wisata Hiburan Jadi Satu Disini

Nikmati air terjun Curug Cimahi yang bersih serta dikelilingi lingkungan asri serba hijau yang membuat udara sejuk, melihat pemandangan ini tidak hanya menyegarkan mata tapi juga pikiran anda tentunya. Tersedia area parkir, pusat informasim pagar pengaman, bangku-bangku, tempat sampah, juga warung-warung yang menyediakan makanan juga minuman, sudah lumayan lengkap ya fasilitasnya.

Tinggalkan Komentar