Pantai Nampu, Pesona Pantai di Wonogiri

0
351
Foto : brobali.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Biasanya wisatawan lebih fokus pada objek wisata pantai di daerah Wonosari, Gunung Kidul untuk area sekitar kota Yogyakarta, padahal Wonogiri juga punya potensi wisata pantai yang tak kalah bagusnya bernama Pantai Nampu. Pantai Nampu punya daya tarik yang menarik, pasir putihnya bersih berpadu air laut gradasi biru hijau nan eksotis plus jajaran batu karang kokoh menambah pesona pantainya apalagi bila karang-karang ini dihantam ombak, wih..keren dan dramatis. Letaknya di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan paranggupito, Wonogiri – Jawa Tengah kira-kira 2 jam dari kota Jogja lewat jalur selatan, dari kota Wonogiri ke Pantai Nampu butuh waktu sekitar 2 jam.

Rute perjalanan yang harus anda tempuh dari kecamatan Ngadirijo – kecamatan Baturetno – Giriwoyo – Giri Tontro – Perempatan Giri Belah – Paranggupito, semisal anda dari Surakarta langsung ambil jalur kota Wonogiri ke Paranggupito,

sesampainya di Giri Belah, lanjutkan perjalanan anda ke kecamatan Paranggupito. Pantai yang mulanya belum banyak pengunjung ini kini sudah mulai diminati wisatawan meski masih tidak seramai pantai-pantai seperti Krakal, Baron, Indrayanti dan lain-lain, bila anda datang di hari biasa, nikmati keindahan pantai Nampu bagai private beach alias milik anda sendiri, tak perlu kuatir karena tersedia lahan parkir yang mumpuni untuk menyimpan kendaraan anda. Meski berada di daerah pelosok jauh dari hiruk pikuk kota namun jalur perjalanan sudah sangat baik dan nyaman untuk dilalui, baiknya anda menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum belum memadai.

Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan asri khas pedesaan yang sarat akan perbukitan dan tumbuhan hijau serta udara bersih membuat rileks pikiran, untuk mencapai wilayah pantai pun anda harus menyusuri anak tangga yang menghubungkan tempat parkir dan pantai, namun kelelalah anda akan terbayarkan dengan keindahan yang sepadan dengan perjalanan jauh anda itu.

Tiket masuk Pantai Nampu hanya berkisar Rp.3000,- saja, anda bisa melepas lelah dengan berenang dan bermain air di area pantai, namun anda harus hati-hati akan arus pantai selatan jawa yang terkenal kuat, nikmati pula segarnya air kelapa muda yang dijual penduduk setempat di sekitar kawasan pantai, untuk makanan paling hanya makanan kecil atau mie instan, asik juga kalau anda bekal dari rumah, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan pantai. Jangan terlewat pula untuk menyaksikan indahnya sunset di Pantai Nampu. Fasilitas lain ada toilet serta sumber air tawar untuk membilas  membersihkan diri setelah berenang-renang di pantai.

Tinggalkan Komentar