Rekreasi All in One di Dataran Tinggi Dieng

0
33
Foto : travelingyuk.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Objek wisata Dieng indahnya seperti apa ya? Adakah diantara anda yang belum pernah kesana ? Dieng merupakan daerah dataran tinggi yang berada di antara perbatasan kabupaten Wonosobo dan kabupaten Banjarnegara, karena berada dataran tinggi tidak heran jika Dieng punya hawa yang sejuk cenderung dingin bahkan, suhu di diang harisaja bisa mencapai 15 derajat celcius, apalagi diwaktu malam hari ya, lebih bikin badan menggigil tentunya. Dieng bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Wonosobo. Kawasan Dieng akan memberikan suguhan pemandangan lanskap yang eksotis, anda bisa menikmati objek wisata Telaga Warna serta objek peninggalan sejarah berupa sisa reruntuhan situs candi jaman purbakala masa Hindu yang konon berdirinya bersamaan dengan masa berdirinya Candi Borobudur,

uniknya lagi terdapat pula reruntuhan sisa-sisa kejayaan kerajaan di masa lampau, candi-candi tersebut diberi nama sesuai dengan nama-nama tokoh pewayangan.

Untuk mencapai Dieng dari Kota Yogyakarta anda harus melewati magelang – Temanggung – Barulah Dieng dengan jarak tempuh kira-kira 4 jam, bila anda tiba di waktu pagi anda akan disambut hamparan kabut serta udara dingin menusuk namun jangan sampai ketinggalan untuk menikmati sajian matahari terbit yang menakjubkan dari Bukit Sikunir, indah berpadu hijaunya panorama sejauh mata memandang, dijamin anda akan terkagum-kagum melihatnya, lalu sempatkan pula melihat kontur berbukit-bukit perbukitan kentang yang berundak, bahagia rasanya menyaksikan lukisan nyata karya Sang Pencipta. Kunjungi pula objek wisata Kawah Sikidang, sebuah kawasan belerang yang letak lubang sumber tempat keluar gas belerangnya selalu berpindah, lincah seperti kijang, yang menjadi alasan kenapa diberi nama kawah Sikidang (Kidang dalam bahasa Jawa yakni Kijang).

Anda tidak perlu terburu-buru menikmati semua keindahan yang ada di Dieng ini, ambilah waktu beberapa hari untuk tinggal di daerah yang terkenal dengan buah caricanya sebagai oleh-oleh khas Dieng, disini sudah banyak fasilitas yang diperuntukkan bagi wisatawan seperti penginapan  homestay, pondokan, restoran , museum, playground untuk anak-anak, penuhi waktu liburan anda untuk engeksplor daerah ini. Jangan lupa untuk memborong Manisan Carica, buah khas Dieng, buah ini memiliki tekstur mirip pepaya, rasanya segar dan enak.

Tinggalkan Komentar