Pantai Klayar, Pesona dari Pacitan

0
34
Foto : cakrawalamedia.co.id

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Indonesia punya banyak surga tersembunyi, salah satunya tersimpan di daerah Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, potensi wisata bahari berupa pantai cantik berpadu pasir putih dan lanskap batu karang yang bentuknya unik menyerupai situs candi tersembunyi disini, tidak hanya itu..anda akan dikejutkan dengan air mancur alami yang juga mengeluarkan bunyi menyerupai tiupan seruling nan nyaring. Obyek wisata ini bisa ditempur kurang lebih 1-1,5jam dari kota Pacitan menggunakan kendaraan pribadi. Medan yang akan anda tempuh pun terbilang sulit meski anda akan disuguhi pemandangan perbukitan yang bisa dinikmati, jalanan yang sempit dengan beberapa kerusakan, ditambah kelokan tajam yang naik turun, butuh konsentrasi serta keahlian yang mumpuni bila hendak mencapai Pantai Klayar.

Pantai yang terbilang belum banyak dikunjungi wisatawan ini adalah tempat mencari nafkah bagi nelayan yang merupakan penduduk setempat. Airnya biru jernih, ombaknya menyeret buih-buih yang menyapa hamparan pasir putih yang lembut, makin keren lagi bila cuaca langit sedang sangat cerah menjadi background bagi bukit-bukit karang yang mengitarinya, hmmm..kelelahan perjalanan anda hilang sudah, berganti dengan semangat bermain air plus berfoto. Jangan lewatkan untuk menikmati fenomena air mancur yang menyembur ke langit, ini fenomena alam yang jarang anda temui di obyek wisata pantai lain, hal ini terjadi akibat terjangan ombak yang cukup keras membuat sebagian airnya masuk ke bawah bebatuan pinggir pantai kemudian karena tekanan udara menyembur keatas hingga mencapai ketinggian sampai 10 meter, air mancur ini disertai suara yang melengking mirip suara tiupan seruling yang nyaring.

Sebaiknya anda menghindari mengunjungi pantai ini ketika musim hujan, untuk mencapai lokasi anda bisa lewat jalur Jogja atau Solo dengan lama perjalanan sekitar 3 jam, sesampainya Pacitan teruskan perjalanan anda menuju Pantai Klayar, bisa juga menyewa mobil bila anda tidak membawa kendaraan pribadi, untuk akomodasi sudah tersedia beberapa penginapan yang cukup memadai di sekitaran kawasan pantai. Ingat untuk ikut menjaga kebersihan pantai supaya pantai ini tetap bersih dan nyaman untuk dijadikan distinasi wisata bagi siapapun.

Tinggalkan Komentar