Kuliner Khas Lebaran di Indonesia

0
49

Bicara soal kuliner khas Indonesia memang tidak ada habisnya, Indonesia justru menjadi negara kaya karena memiliki keberagaman dalam banyak hal, termasuk dalam hal kuliner atau makanan khas / tradisionalnya. Banyaknya acara perayaan yang awalnya hanya dikhususkan pada upacara adat saja kini seiring kemajuan peradaban kehidupan masyarakatnya berkembang pula perayaan yang lebih nasionalis. Dalam setiap upacara atau perayaan tersebut pastilah ada hidangan tertentu yang menjadi ciri khas dan kehadirannya selalu ditunggu oleh kita semua, seperti halnya pada perayaan hari raya Idul Fitri disetiap tahunnya yang lebih akrab disebut perayaan lebaran, saat dimana semua anggota keluarga berkumpul untuk bersilaturahmi, reuni, saling memaafkan dan melepas rindu karena jarak dan waktu membuat tak bisa sering bertemu pastinya selalu ada sajian istimewa di hari yang spesial tersebut. Berikut beberapa menu kuliner khas lebaran yang umum anda dapati disetiap rumah-rumah yang merayakan lebaran :

  • Ketupat

Ketupat adalah makanan yang menempati peringkat pertama sebagai sajian spesial khas lebaran. Ketupat adalah makanan berbahan dasar beras, tekstur dan sifatnya mirip lontong, hanya beda media pembungkusnya, kalau ketupat dimasak dengan daun kelapa muda yang dianyam berbentuk segi empat, kemudian dimasak dengan cara dikukus. Ketupat adalah pengganti nasi yang dimasak bersama opor ayam / sayur lodeh dengan suwiran ayam goreng atau telur balado, atau apa saja sesuaikan dengan selera anda.

  • Opor Ayam

Opor ayam, anda tentu sudah tahu ya masakan yang satu ini, ayam dimasak dengan santan yang kemudian dibumbui aneka bumbu rempah khas sehingga menghasilkan makanan berupa sayur plus lauk sekaligus, praktis dan sedap. Opor Ayam merupakan pasangan andalan Ketupat untuk menikmati hidangan spesial hari lebaran.

  • Rendang Sapi
Baca Juga:  Kue Pukis, Manis Empuknya Snack Khas Indonesia

Rendang Sapi yang umumnya banyak dihidangkan ketika hari lebaran, makanan khas Sumatera barat yang dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia ini juga menjadi kuliner yang selalu ada saat lebaran tiba, daging sapi yang sudah diberi bumbu rempah khas Sumatera Barat ini seru juga untuk campuran opor atau dimakan dengan nasi putih hangat.

  • Sambal Goreng Ati

Meski tidak sepopuler Opor Ayam maupun Rendang, Sambal Goreng Ati menjadi salah satu pilihan masyarakat yang kerap menjadi pelengkap hidangan di meja makan ketika hari raya lebaran tiba. Biasanya yang digunakan adalah ati ayam, Rasanya yang nikmat makin maknyusss dicampur dengan kuah opor, apalagi bila dilengkapi irisan petai, wah… aroma dan rasanya tiada duanya.

  • Aneka Kue Kering

Toples berisi aneka kue kering juga tidak pernah absen menghiasi meja ruang tamu anda ketika hari lebaran tiba pasti ya. Yang paling populer diantara jenis kue kering yang ada pasti selalu ada yang namanya nastar, kastangel, kue putri salju, ataupun kacang bawang. Yang mana yang jadi favorit anda ? (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: cookingwithoutborders.wordpress.com)

Tinggalkan Komentar