Wisata Air Sanih, Pemandian Air Tawar yang Dikelilingi Pantai

0
45
Foto : surgaliburan.wordpress.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Bali memang tidak ada habisnya untuk dieksplor, bila ke Bali sempatkan untuk mengunjungi Air Sanih atau yang juga dikenal dengan nama Yeh Sanih. Taman rekreasi pemandian atau kolam renang alami ini punya dari sumber mata air sendiri, Air Sanih sudah terkenal sejak tahun 1930, dulu Air Sanih merupakan tujuan wisata wisatawan lokal namun kini Air Sanih banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Obyek wisata ini letaknya kurang lebih 17 kilometer dari kota Singaraja, tepat di desa Sanih, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Singaraja, Provinsi Bali tidak jauh dari Lovina Beach Resort. Air Sanih terbilang unik, meski pemandian air tawar, posisinya dikelilingi pantai, namun hal ini tidak mempengaruhi karakter airnya, airnya tetap tawar tidak mengandung kadar garam seperti air pantai. Hal tersebut menurut kepercayaan penduduk setempat disebabkan karena aliran sungai bawah tanahnya berasal dari Danau Batur, menurut legenda yang dipercaya penduduk setempat, dulu pemandian ini digunakan untuk pemandian pasangan muda agar hubungan mereka semakin langgeng.

Taman rekreasi ini punya dua kolam, kolam untuk pengunjung dewasa dan anak-anak dibedakan. Suasana taman rekreasi Air Sanih terbilang asri sepanjang mata memandang hanya hijau sejuk yang membuat hati adem, airnya yang berasal dari mata air langsung jelas jernihnya sehingga meski musim kemarau tiba, kolam renang disini tak pernah kering airnya, ditambah lokasinya yang jauh dari keramaian membuat anda nyaman dan bisa melepas penat dengan maksimal disini, berlibur ke Air Sanih cocok bagi anda yang mencari ketenangan dan kedamaian berlibur karena lingkungan Air sanih sangat cocok untuk hal ini. Daya tarik pemandian ini juga ada pada view kolam yang menghadap langsung ke laut lepas, anda akan dibuat terpesona saat berendam disuguhi pemandangan pantai yang menawan. Selain sebagai tempat wisata, pemandian ini kerap digunakan untuk upacara adat umat Hindu, tidak heran bila di sekitar tempat rekreasi ini terdapat pura yang digunakan untuk bersembahyang kepada Dewa Wisnu.

Baca Juga:  Objek Wisata Rawa Pening, Danau Indah yang Misterius

Selain itu, setiap hari kedua lebaran taman pemandian ini selalu ramai dikunjungi masyarakat muslim yang juga punya populasi cukup banyak di Kabupaten Singaraja, sudah dari dulu Air Sanih menjadi lokasi ajang silaturahmi tahunan bagi umat Hindu dan Muslim di daerah ini yang merupakan cermin toleransi dan kebersamaan antar umat beragama di Indonesia.Semakin mendekati senja, pemandangan yang disuguhkan kawasan ini semakin menggoda, anda tentu tidak ingin melewatkan indahnya sunset dari kolam pemandian bukan. Anda bisa mengunjungi pemandian umum yang terjaga betul kebersihannya ini mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 sore dengan tarif masuk yang amat terjangkau.

Tinggalkan Komentar