Waduk Penjalin Brebes, Waduk yang Sudah Ada Sejak Jaman Belanda

0
98
Foto : ngelayab.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Waduk Penjalin yang berada di kota Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini letaknya tepat di desa Winduaji dekat perbatasan Kabupaten Banyumas dan kab. Brebes. Waduk Penjalin sudah ada sejak jaman kolonial Belanda sekitar tahun 1930-an yang awalnya difungsikan sebagai waduk tadah hujan dan penyuplai air irigasi persawahan daerah sekitarnya.

Waduk ini luasnya 1.25 Km persegi, tanggulnya sendiri lebarnya 4 meter, tinggi 16 meter dan panjang mencapai 850. Kini waduk ini berguna unruk mencari rejeki bagi masyarakat sekitar mulai untuk mencari ikan, membuat keramba apung, juga menyewakan jasa perahu yang bisa dipakai untuk menyusuri sampai ke bagian tengah waduk oleh para pengunjung yang biasanya ramai mendatangi waduk ketika musim liburan tiba.

Waduk Penjalin lebih menarik bila dikunjungi saat pagi ataupun sore menjelang senja hari, pemandangannya menimbulkan rasa tentram di hati, semilir anginnya membuat santai dan rileks pikiran, berlibur bersama keluarga kemari sambil menaikki perahu sewaan yang tersedia tentu amat seru, jangan lupa untuk berfoto-foto ria sebagai kenang-kenangan.

Kalau anda suka hiking tidak jauh dari lokasi waduk ada obyek wisata mata air dari sungai Pemali yang jauhnya sekitar 2 km dari waduk dengan pemandangan alam hutan pinus yang cantik. Lokasi Waduk Penjalin memiliki potensi besar apalagi letaknya dekat jalan utama Tegal-Purwokerto.

Baca Juga:  Festival Lembah Baliem, Menyaksikan Atraksi Perang Suku yang Aman di Papua

Tinggalkan Komentar