5 Jajanan Tradisional Populer di Indonesia

0
40

Kue basah tradisional atau lebih dikenal dengan istilah jajanan pasar siapa sih yang tidak suka, sajian jajanan pasar kerap ada menghiasi meja-meja dan ditata diatas piring cantik apabila ada acara-acara khusus seperti pengajian, syukuran, reuni, atau acara arisan, bahkan pada event-event resmi seperti rapat kue basah jajanan pasar kerap menjadi menu andalan yang disuguhkan bagi para tamu. Diantara banyak varian jajanan tradisional yang anda tahu, yang manakah diantara lima dibawah ini yang menjadi favorit anda ? berikut contoh jajajan tradisional yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia :

  • Klepon

1231146618_1363351932

Kue tradisional yang satu ini umumnya berwarna hijau yang didapat dari daun suji. Bahan utamanya tepung beras ketan yang dibentuk menjadi bulatan bola-bola kecil lalu isi didalamnya adalah gula merah cair, kemudian direbus, klepon berikut isinya akan meleleh bila anda gigit, lumer di mulut, hmmm kenyal dan manis, perpaduan yang sungguh enak, tidak lupa klepon diberi parutan buah kelapa sebagai “selimutnya”.

  • Cenil

cenil

Cenil juga punya tekstur yang kenyal, warnanya ada yang merah putih atau kuning muda, terbuat dari pati keleta pohon atau singkong yang dibentuk bulatan atau kotak, cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan disiram gula merah cair sebagai pelengkap.

  • Kue Lapis

Resep-Kue-Lapis-Beras

Kue khas yang satu ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam, dan pewarna makanan khusus kue. Biasanya ada 3 atau lebih warna terdapat dalam kue ini, berlapis-lapis sehingga diberi nama kue lapis. Rasanya manis dan kenyal.

  • Lemper

tumblr_lxbres4pS21r2do68o1_400

Kalau lemper, siapa sih yang tidak kenal lemper, makanan favorit semua usia. Makanan terbuat dari ketan ini biasanya diisi serundeng, suwiran ayam atau abon kemudian dibungkus dengan balutan daun pisang. Rasanya gurih dan sedap serta mengenyangkan. Bentuknya kini tidak hanya bulat lonjong, tapi ada juga yang kotak.

  • Nagasari

39680_453612219179_607169179_6316486_1817602_n

Nah, yang satu ini pun tak kalah terkenalnya dengan yang lain, Nagasari. Rasanya sedap paduan manis, gurih dan asin sekaligus dalam satu gigitan. Terbuat dari tepung beras, santan, gula, tepung sagu, kemudian diberi irisan buah pisang. Mantap bila dinikmati bersama secangkir teh atau kopi, hmmm…membayangkannya saja jadi ingin ya. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: id.88db.com; bubblews.com; drinksnacks.com; informasikan.com; narny.blogspot.com)

Tinggalkan Komentar