Menyusuri Hutan Lindung Kota Bandung di Taman Hutan Raya Juanda

0
32
Foto : idetrips.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Berlibur ke Bandung tidak hanya Factory Outlet dan wisata kulinernya saja yang menarik untuk dikunjungi, berjalan kaki menyusuri Taman Hutan Raya Juanda bisa menjadi salah satu cara untuk melepas penat dari kesibukkan sehari-hari. Letaknya ada di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Dulu di tahun 1965 kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman ini luasnya hanya 10 hektar saja, kini seiring perkembangannya sudah mencapai sampai 600 hektar dengan 2500 jenis tanaman yang membentang dari wilayah Pakar hingga Maribaya.

Sesampainya di kawasan THR juanda ini anda bisa memilih dari 3 pintu masuk, pintu awal ada di daerah Dago Pakar, keduanya berjarak sekitar 3 km dari Dago Pakar, lalu yang ketiga adalah dari Maribaya. Di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda ini terdapat peninggalan sejarah yang cukup terkenal yakni Gua Belanda juga Gua Jepang, kalau ingin memuaskan rasa penasaran anda bisa masuk ke dalam gua dengan menyewa senter yang tersedia berikut pendamping yang akan menemani anda dan memberikan informasi mengenai Gua Jepang kepada pengunjung seperti anda dengan tarif sekitar Rp. 5000 – 10.000,-/orang.

Keindahan THR Juanda akan mempesona anda, rasanya tidak bosan-bosannya berfoto dan memotret setiap sudut wilayah yang banyak ditumbuhi pepohonan yang tinggi menjulang, ada juga air terjun Maribaya dan Omas yang bisa anda datangi selain gua-gua peninggalan zaman Belanda dan Jepang yang misterius itu, masing-masing gua punya struktur bangunan sendiri, kalau Gua Belanda ada rel kereta di lantainya, tekstur dindingnya lebih halus dan lengkungan guanya lebih kecil. Sejarahnya dulu taman ini memang merupakan taman terbesar yang difungsikan sebagai hutan lindung. Dari depan jalan masuk THR Juanda anda akan disambut pepohonan tinggi, serta merta suasana sejuk segar yang alami akan menyapa anda.

Baca Juga:  Pantai Dato Majene, Pesona Pantai di Balik Karang-Karang Tinggi

Jika anda memilih jalur dari Maribaya, anda akan langsung menjumpai Curug Omas (Air Terjun Omas),airnya mengalir kencang dari ketinggian dengan pepohonan rindang mengelilinginya. Bila anda membawa kendaraan pribadi, setelah keluar dari pintu tol Pasteur ambil jalur ke arah Dago, lurus hingga ke kawasan Dago Atas.

Namun bila anda menggunakan transportasi umum, anda bisa naik angkutan kota jurusan Dagio hingga terminal angkutan kota kemudian anda bisa naik ojek dengan tarif kira-kira mulai Rp. 15.000,-. Taman Hutan Raya Juanda ini bisa dikunjungi setiap hari, buka sejak pukul -9.00-18.00 WIB. Udaranya yang bersih dan suasana alamnya yang tenang akan membuat pikiran anda fresh kembali, untuk menyusuri seluruh wilayah taman hutan ini anda butuh waktu kira-kira 3 jam dengan berjalan kaki.

Tinggalkan Komentar