Bakpia Pathok 25 Legenda Oleh-oleh Khas Kota Jogja

0
65

Setiap daerah pasti memiliki hal yang istimewa yang membedakan satu daerah dengan daerah lainnya. Salah satunya adalah Yogyakarta. Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata mulai dari alam, sejarah, budaya dan kuliner  memilik banyak keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kota lain. Salah satunya daalah dari segi kuliner. Salah satu oleh-oleh dari Yogyakarta yang paling terkenal adalah Bakpia. Makanan khas ini merupakan hal wajib bagi wisatawan sebagai oleh-oleh dari Yogyakarta. Salah satunya produksi yang aling terkenal adalah Bakpia Pathok 25.
Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina dengan nama Tau Luk Pia, yang memiliki arti kue kacang hijau. Kue ini mulai diproduksi di kampung Pathuk Yogyakarta sejak tahun 1948. Pada waktu itu, bakpia masih diperdagangkan secara eceran dan pengemasannya pun masih menggunakan besek (tempat dari anyaman bambu) tanpa merk dan peminatnya pun masih terbatas.
Di tahun 1980an, nama Bakpia Pathok 25 sudah dipatenkan menjadi merk dagang dengan diiringi perubahan kemasan dari besek ke kardus. Di saat yang sama, ide tersebut diikuti dengan munculnya bakpia-bakpia lain dengan merk dagang yang sama dengan nomor berbeda. Demikian pesatnya perkembangan industri bakpia hingga menjadi salah satu ciri khas kuliner di kota Jogja hingga sekarang ini. (Hikari Chan/inloveindonesia.com)

Baca Juga:  Kuda Lumping, Kesenian Tradisional yang Tak Tergerus Modernisasi

Tinggalkan Komentar