Pantai Watu Ulo, Pantai yang Jadi Ikon Kota Jember

0
45
Foto : travel.kompas.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Selain Pantai Papuma, Kota Jember juga punya Pantai Watu Ulo yang dulu dikenal sebagai ikon pantai Kota Jember, eksistensi Pantai Watu Ulo justru sudah lebih dahulu ketimbang Pantai Papuma, sayangnya seiring kemerosotan akan popularitasnya, kini Pantai Watu Ulo agak kurang terperhatikan, khususnya perihal kebersihan kawasan pantai, hal ini memang bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak pengelola saja, para pengunjung atau wisatawan pun sudah semestinya tertib dan punya kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Pantai Watu Ulo ini berada di Selatan Kota Jember, dari pusat kota Jember jarak yang harus anda tempuh sekitar 45 km tepat di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, Jember –  Jawa Timur. Akses jalan menuju pantai terbilang mudah, jalannya sudah beraspal halus, dan dilewati oleh kendaraan umum. pantai dengan pasir hitam yang eksotis ini semakin cantik bila dikunjungi menjelang matahari terbenam.

Pantai ini dinamai Pantai Watu Ulo atau Pantai Batu Ular karena disini terdapat sebuah batu yang memanjang bentuknya seperti ular berbisik. Menurut legenda rakyat yang beredar, dahulu kala ada sebuah ular yang bertapa di pantai ini, sampai pada akhirnya ular tersebut berubah menjadi sebuah batu berbentuk ular yang panjang dengan kepala menjorok ke bagian laut, ada pula versi lain yang menyebutkan bahwa pantai ini dijadikan tempat bertarung seorang manusia dengan seekor ular. Di musim-musim tertentu terkadang ombak pantai relatif besar dan berbahaya sehingga ada larangan wisatawan untuk mendekati bagian pantai.

Di Pantai Watu Ulo terdapat juga Gua Lawa (gua kelelawar) yang punya kedalaman sampai lebih dari 100m, banyak kelelawar bersarang disana, ada pula Gua Jepang yang dulu berfungsi sebagai benteng pasukan Jepang, ada beberapa buah gua Jepang yang bisa juga anda kunjungi sekalian disini. Tiket masuk objek wisata Pantai Watu Ulo berkisar Rp.5000,- saja per orang. Fasilitas yang disediakan untuk wisatawan ada lahan parkir yang memadai, Toilet dan Kamar Mandi umum, warung-warung makan dan minuman, musholla, playground juga camping ground.

Tinggalkan Komentar