Pulau Samosir, Keindahan Pulau di dalam Pulau

0
287
Foto : blog.airpaz.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Pulau Samosir adalah sebuah pulau yang cukup besar yang terletak di tengah Danau Toba, dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut, membuat pulau ini dijuluki sebagai pulau di di dalam pulau yang menarik perhatian banyak turis. Pulau Samosir terbentuk dari puncak gunung yang timbul dari permukaan danau Toba. Danau Toba sendiri merupakan danau vulkanik terbesar di dunia.

Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi selagi berlibur di Pulau Samosir, mulai dari pemandangan alam, wisata spiritual, wisata pertanian, wisata air, hingga wisata budaya. Salah satu wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Samosir adalah Tuk-Tuk. Tuk-tuk adalah wilayah pusat kosentrasi turis di pulau Samosir. Disini para wisatawan dapat mendapatkan informasi lengkap tentang suku batak, melihat patung sigale-gale yang dapat menari sendiri, hingga menikmati tarian tor-tor.

Selain itu ada juga kawasan Pantai Pasir Putih (sekitar 50 menit dari Tuk-tuk) yang sering dijadikan tempat untuk berkemah, pemandian air panas gunung Pusuk Buhit yang bisa menghilangkan kelelahan anda selama perjalanan, dan danau. Di pulau Samosir sendiri ada dua kawasan danau yang cukup dikenal karena memiliki keindahan yang menakjubkan, yaitu danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Pulau Samosir dapat ditempuh baik dengan jalur darat maupun jalur air. Jika lewat jalur darat, maka bisa ditempuh melalui Panguruan yang menjadi penghubung antara pulau Sumatera dan Pulau Samosir, untuk jalur air, wisatawan dapat menggunakan kapal feri untuk menyebrang selagi menikmati indahnya danau Toba dari pelabuhan Parapat yang berangkat menuju Samosir setiap jam 6 pagi.

Fasilitas yanag ada di Pulau Samosir cukup lengkap, mulai dari penginapan yang cukup terjangkau, restaurant, rental mobil/motor, ATM, sampai area-area hotspot yang bisa ditemukan dibeberapa kafe. Untuk para pemburu souvenir, Desa Tomok –terletak sekitar 3 km dari Tuk-tuk- merupakan salah satu tempat yang paling direkomendasikan.

Tinggalkan Komentar