Tips Murah Wisata Ke Bali

0
63

Banyak orang yang berpikir kalau wisata ke Bali pasti membutuhkan biaya yang cukup banyak. Mulai dari biaya transportasi, penginapan, hingga makan selama di Bali. Sebenarnya liburan ke Bali tidak semahal yang kita pikirkan kalau kita pintar-pintar mencari informasi tentang Bali. Untuk biaya yang paling menghabiskan budget liburan kita pertama adalah transportasi, setelah itu akomodasi, dan yang terakhir makan, kalau oleh-oleh sendiri, itu tergantung banyaknya pesanan yang diminta dari keluarga atau teman sepulang kita dari Bali.
Kita bisa meminimalisir budget kita jika kita pintar menyiasatinya. Berikut beberapa tips liburan murah di Bali.

  1. Persiapan yang matang, buat perencanaan yang matang untuk liburan kita, mulai dari transportasi, tempat tinggal, tempat mana saja yang akan dikunjungi, dan tentu saja apa saja yang akan dilakukan di Bali, jangan sampai ketika kita sudah sampai di Bali, kita malah cuma menikmati pantainya saja. Ingat, Bali punya sejuta tempat menarik yang bisa dikunjungi.
  2. Pilih waktu yang tepat, lebih asyik memang jika kita liburan disaat musim liburan tiba seperti moment tahun baru. Namun perlu diingat juga, segala sesuatunya bisa menjadi sangat mahal ketika musim liburan, kenaikannya hampir dua kali lipat daripada hari biasa.
  3. Siapkan dari jauh-jauh hari, khususnya transportasi ke Bali. Jika kita sudah menyiapkannya beberapa bulan sebelumnya, kita bisa dapat kesempatan untuk dapat tiket promo murah. Selain menggunakan pesawat, kita juga menggunakan transportasi lain seperti kereta atau bus, contohnya dari Jakarta ke Banyuwangi menggunakan kereta, setelah itu disambung menggunakan bus ke Bali. Kadang transportasi seperti bus dan kereta bisa menekan lebih budget kita.
  4. Siapkan peta, minimal ketika sampai di Bali kita tidak terlalu buta arah. Kalau kita sama sekali tidak tahu tentang arah-arah di Bali, bisa-bisa budget transportasi kita membengakak gara-gara sering tersesat.
  5. Cari penginapan yang murah, biasanya penginapan-penginapan sekitar pantai seperti kuta, nusa dua, dan legian punya harga yang lumayan bersahabat dengan low budget kita. Rata-rata sekitar Rp. 100.000,- s/d Rp. 150.000,-/malam, contohnya di daerah Poppies line. Kita juga bisa cari info-info tentang hotel murah di Bali lewat google.
  6. Sewa motor, untuk jalan-jalan keliling Bali, lebih baik pakai kendaraan pribadi, tapi disarankan jangan menyewa lewat website-website online karena harga yang ditawarkan bisa terlalu tinggi, sekitar Rp. 50.000,- s/d Rp. 100.000,-. Kita bisa meminta tolong pada receptionist atau penjaga penginapan untuk mencarikan sepeda motor, biasanya kita bisa dapat tawaran harga sekitar Rp. 35.000,- s/d Rp. 50.000,-
  7. Makanan, disarankan untuk memilih hotel yang tarifnya sudah termasuk sarapan pagi. Makanan-makanan di pusat-pusat wisata di Bali cenderung lebih mahal, untuk menyiasatinya, kita bisa mencari warung/tempat makan disekitar perkampungan warga.

Semoga tips-tips diatas bisa membuat liburan low budget kita lebih menyenangkan, nyaman, dan pastinya murah. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: tips-holiday.blogspot.com)

Tinggalkan Komentar