Nikmatnya Rambutan Lengkeng, si Kecil yang Bermanfaat

0
204

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Siapa yang tidak mengenal rambutan, buah dengan ciri khas seperti kulit buah yang berambut menjadi salah satu komoditi andalan di Indonesia. Biasanya, rambutan berbuah dalam waktu-waktu tertentu dan biasanya berbarengan dengan musim panen mangga. Perawatang yang tidak sulit dan kebal hama ini membuat banyak orang menanam pohon rambutan. Dengan harga buah yang relatif terjangkau, rambutan menjadi salah satu buah favorit kebanyakan orang Indonesia.
Buah asli daerah tropis ini juga memiliki banyak jenis, salah satunya adalah Rambutan Lengkeng. Asal usul buah ini belum diketahui secara pasti, namun penamaannya mungkin didasarkan karena buahnya yang kecil dan bulit, akan tetapi rasanya yang sangat manis meskipun masih hijau seperti rasa manis pada kelengkeng. Rambutan lengkeng ini sendiri memiliki ciri-ciri kulit buah yang tipis dan keras, rambut yang agak panjang dan jarang, dan daging buahnya berwarna putih dengan ketebalan sedang.
Buah rambutan juga memiliki banyak manfaat, dengan kandungan vitamin c yang tinggi, bagus untuk ketahanan tubuh. Selain itu batang, akar, kulit kayu, dan daun dari pohon rambutan itu sendiri juga mempunyai banyak manfaat. Batangnya meski tidak terlalu bagus untuk bahan bangunan, namun cocok untuk dijadikan kayu bakar, akarnya dapat dijadikan sebagai obat demam, kulit kayu sebagai obat radang mulut, dan daunnya dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala.

Baca Juga:  Pantai Dato Majene, Pesona Pantai di Balik Karang-Karang Tinggi

Tinggalkan Komentar