Festival Taka Bonerate, Sulawesi Selatan

0
39

Banyak yang mengira kalau Wakatobi merupakan surga lautan yang tercantik di Sulawesi, tapi ternyata ada lagi surga bawah laut yang sayang jika anda lewatkan ketika menjelajah indahnya bawah laut Sulawesi. Taman Nasional Taka Bonerate juga dikenal sebagai surga bawah laut untuk menyelam atau snorkeling bagi turis asing dan domestik , kawasan Taman Nasional Taka Bonerate memilki sekitar 530,765 hektar yang memiliki hamparan atol sekitar 220.000 hektar , yang mencakup sekitar 21 pulau atol di wilayah tersebut .
Taka Bonerate sendiri berarti ” pulau karang di atas pasir ” adalah atol terbesar di Indonesia , dan terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Maladewa. Taka Boneate juga memilki wilayah yang cukup luas, terdiri dari 21 pulau yang kebanyakan dihubungkan oleh atol dan pasir putih. Atol-atol ini membentuk seperti rantai yang terdiri dari pulau-pulau karang kecil yang jika pada saat air surut, akan terlihat jelas kolam-kolam kecil yang sangat indah.
takabonerate
Taman Nasional Taka Bonerate adalah rumah bagi sekitar 360 jenis ikan karang , sekitar 244 spesies moluska seperti lola (Trochus niloticus), kerang kepala kambing (Cassis cornuta), triton (Charonia tritonis), spesies penyu penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas), dan penyu lekang (Dermochelys coriacea). Terumbu karang yang sudah teridentifikasi sebanyak 261 jenis dari 17 famili di antaranya Pocillopora eydouxi, Montipora danae dan masih banyak lagi. Selain itu di sana juga terdapat beberapa jenis ikan-ikan konsumsi  dengan nilai ekonomi tinggi seperti kerapu , cakalang , napoleon wrasse dan hiu.
Untuk lebih mengenalkan keindahan Taman Nasional Taka Bonerate, pemerintah Sulawesi Selatan kembali menyelenggarakan Festival Taka Bonerate yang akan diadakn pada tanggal 23-29 November 2013 yang bertempat di Taman Nasional Taka Bonerate. Festival tersebut akan menyajikan berbagai kegiatan menarik diantaranya ada lomba memancing internasional (profesional dan tradisional), festival kuliner tradisional masyarakat maritim, atraksi permainan rakyat, panggung hiburan serta acara pendukung lainnya seperti pameran, lomba fotografi, atraksi paracycling, selancar angin, dan jetski.
takabonerate2
Ada berbagai cara untuk mengunjungi Taman Nasional Taka Bonerate dengan harga yang berbeda dan waktu yang dapat disesuaikan dengan budget anda. Anda bisa mengambil penerbangan ke Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan. Hampir semua operator domestik di Tanah Air menjadwalkan penerbangan ke Makassar. Perjalanan dari Makassar dilanjutkan ke Kepulauan Selayar dengan menggunakan bus umum yang berangkat pukul 9 pagi. Rute perjalanan melewati Bira di Kabupaten Bulukumba, kemudian menyembrang ke Selayar dengan menggunakan kapal ferry. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: wikipedia.org; indonesia.travel; indahotels.com)

Tinggalkan Komentar