Musi Triboatton 2013

0
48

Bagi anda penggemar olahraga air seperti arung jeram dan kano, maka event yang sedang berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan, ini tak boleh dilewatkan. Musi Triboatton, event yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif didukung pemerintah Sumatera Selatan selaku tuan rumah ini merupakan salah satu program promosi potensi pariwisata di Sumatera Selatan. Musi Triboatton 2013 sendiri merupkaan kali keduanya program ini diselenggarakan. Untuk pelaksanaannya, Musi Triboattan berlangsung pada  16 November – 22 November 2013. Dengan adanya acara ini diharapkan Palembang khususnya Sungai Musi bisa menjadi destinasi wisata, khususnya wisata petualangan.
Musi Triboatton merupakan event pariwisata yang menyelenggarakan kegiatan olahraga yang bernuansa pariwisata (Sport and tourism) seperti arung jeram, kano dan lomba perahu tradisional. Bagi peminat wisata khusus, event Musi Triboattan merupakan event yang paling ditunggu-tunggu. Lokasi tempat berlangsungnya event ini juga berada di sungai yang menjadi ikon kota pempek ini, Sungai Musi. Para peserta akan melintasi rute sepanjang Sungai Musi sejauh 500 km yang dibagi menjadi 5 level.
Peserta yang mengikuti event Musi Triboatton ini juga tak hanya berasal dari Indonesia saja. Ada sembilan tim nasional, dari Jakarta, Jawa Barat, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan I dan Sumatera Selatan II, Babel, dan Sumut. Serta, empat tim dari luar negeri yaitu dari Inggris, Irlandia, Malaysia, dan Singapura. Setiap tim beranggoatakan 15 orang dan akan melalui 6 etape yang terdiri dari 5 kabupaten dari hulu ke hilir sungai. Etape ini akan dimulai dari Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang. Masing-masing kota tersebut akan memamerkan budaya, kesenian daerah, dan makanan khasnya masing-masing untuk menambah daya tarik kegiatan berskala internasional ini.
Selain itu, Musi Triboatton 2013 juga akan diramaikkan sejumlah kegiatan seperti bazaar, pagelaran seni dan budaya tradisional juga modern, pameran, festival kuliner, serta konser musik bertema lingkungan.
Kota Palembang sendiri merupakan pusat wisata air dengan julukan berjuluk “Venice of the East”. Bagaimana tidak, Sungai Musi yang ada di kota ini adalah sungai terpanjang di Sumatera mencapai 750 km. Bagi Palembang, sungai ini juga ibarat pantai memanjang dan tempat riuh ramai kegiatan ekonomi masyarakat. Sungai Musi juga menjadi lokasi rekreasi di tepiannya. Masyarakat dan wisatawan biasanya menikmati suasana sungai dengan duduk santai di café atau restoran. Lebih menyenangkan lagi, di tepian sungai ini tersedia perahu jelajah untuk mengarungi Musi.
Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi laman berikut. http://www.musi-triboatton.com/ . (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: rajakamar.com)

Tinggalkan Komentar