Jembatan Nasional Suramadu, Jembatan Penghubung Madura dan Pulau Jawa

0
178
Foto : triptrus.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Siapa yang tak mengenal Jembatan Suramadu, jembatan yang baru dibangun beberapa tahun lalau ini beritanya cukup menghebohkan masyarakat Indonesia karena jembatan ini nantinya akan menjadi penghubung 2 pulau yang letaknya dipisahkan oleh Laut Jawa. Jembatan terpanjang yang pernah dimiliki Indonesia ini juga merupakan salah satu ikon kota Surabaya memiliki panjang 5.438 meter. Jembatan ini menghubungkan antara pulau garam Madura dengan pulau Jawa (Surabaya).

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden saat itu Megawati Soekarno Putri pada tanggal 20 Agustus 2003 dan dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009. Untuk membangun jembatan ini membutuhkan waktu kurang lebih 6 tahun dan biaya sebesar 4,5 triliun rupiah. Pembangunan jembatan yang berada diatas selat madura ini sendiri bertujuan untuk pemerataan pembangunan infrastruktur dan ekonomi di sisi pulau madura yang relatif tertinggal di bandingkan kawasan lain di Jawa Timur.

Jembatan ini memiliki 4 jalur yaitu 2 jalur untuk roda empat dan 2 jalur untuk roda dua, dan juga ┬áterdiri dari 3 bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Selain itu jembatan ini juga memilki tinggi sekitar 35 m dari permukaan laut sehingga memungkinkan kapal bisa lewat dibawahnya. Dengan adanya jembatan ini sangat membantu orang – orang yang akan menyeberang ke madura atau sebaliknya tidak usah repot antri menunggu kapal penyeberangan yang ada di tanjung perak.

Proyek jembatan suramadu ini sendiri pertama kali digagas pada tahun 1960an oleh Ir.Sedyatmo (alm) yang tadinya direncanakan untuk membuat jembatan yang menghubungkan pulau jawa dan sumatera. Dan gagasan ini mendapat respon positif dari presiden saat itu Soeharto (alm) dan pada awal Juni 1986 presiden Soeharto menunjuk Menristek BJ Habibie untuk melakukan kajian dan akhirnya bisa berdiri sekarang.

Baca Juga:  Pantai Watu Ulo, Pantai yang Jadi Ikon Kota Jember

Untuk melintasi Jembatan Suramadu, kendaraan roda 4 dikenai biaya 30.000 rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda dua cukup 3000 rupiah. Jembatan Suramadu paling indah dinikmati ketika malam hari, anda bisa berhenti sejenak dan menikmati selat Madura dari atas Jembatan Suramadu, namun tetap harus waspada, karena kadang ada polisi yang berpatroli di sekitar Suramadu. Anda bisa dianggap melanggar peraturan karena telah berhenti di Suramadu.

Tinggalkan Komentar