5 Jajanan Populer Kaki Lima Indonesia

0
115

Indonesia terkenal dengan berbagai macam kulinernya, mulai dari kuliner tradisional yang hanya ditemukan di acara-acara tertentu, jajanan pasar yang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional, beragam kuliner khas yang banyak ditemukan di daerah-daerah, sampai kuliner yang banyak dijumpai di seluruh tempat di Indonesia. Nah yang terakhir ini paling umum di Indonesia, tak hanya ditemui di kota-kota besar saja, kuliner-kuliner ini juga bisa dengan mudah djumpai di pinggir jalan kota-kota kecil, bahkan pedesaan. Dengan harga yang relatif murah, porsi kuliner-kuliner ini juga lumayan besar untuk dimakan sendiri, jadi lebih sering dimakan bersama dengan keluarga atau teman-teman. Biasanya kuliner-kuliner ini mulai dijual mulai dari sore hingga malam hari, sangat cocok dijadikan cemilan sore hari. Berikut 5 kuliner populer kaki lima yang ada di Indonesia:
1. Gorengan
gorengan
Untuk kuliner yang satu ini, sangat mudah ditemukan dimana saja, mulai dari restoran besar hingga pedagang kaki lima. Tapi kadang kita agak segan untuk datang ke warung makan hanya untuk membeli gorengan sekedar untuk cemilan. Karena itu keberadaan penjual gorengan kaki lima sangat membantu. Dengan harga yang relatif murah, rata-rata satu buah gorengan dijual dengan harga 500 rupiah / biji. Gorengan yang dijual juga sangat beragam, mulai darai tempe, tahu, bakwan, molen, pisang goreng, dan singkong goreng. Gorengan paling pas dinikmati panas-panas, kriuk renyahnya dengan ditemani teh atau kopi panas, cocok untuk menemani sore hari anda.
2. Martabak Telor
martabak-telor
Nah, untuk jajanan ini memang khusus ditemukan saat sore menjelang malam. Anda bisa menemukannya di sekitar taman kota, alaun-alaun, atau di sepanjang jalan raya. Martabak telor sendiri makanan yang cukup simple, hanya terdiri dari adonan telur ayam atau telur bebek yang dicampur dengan daun bawang kemudian dibungkus dengan kulit lumpia. Renyahnya kulit lumpia dan gurih lembutnya telur berpadu pas dengan acar mentimun yang segar.
3. Terang Bulan
terang-bulan-istimewa
Kalau martabak telur rasanya asin, beda lagi dengan terang bulan. Sebenarnya keduanya merupakan makanan yang sama, tapi kalau terang bulan rasanya lebih manis dan tanpa kulit lumpia dan daun bawang. Karena itu, terang bulan juga disebut martabak manis. Terang bulandan martabak telur bisa dibilang dua sisi koin yang tidak bisa dipisahkan. Kalau anda melihat ada penjual martabak telur, pasti si penjual juga menjual terang bulan. Kalau martabak telur kulitnya terbuat dari kulit lumpia, kalau terang bulan dari adonan tepung terigu, telur dan susu, jadi cenderung lebih mengenyangkan dibanding martabak telur. Untuk isinya juga bisa beragam, anda bisa memilih kacang, coklat, susu, atau keju.
4. Roti Bakar Bandung
rotibakar
Jajanan kaki lima populer selanjutnya adalah roti bakar. Roti bakar yang dijual di kaki lima tentu saja agak bebeda dengan dengan roti bakar yang biasa kita buat dirumah. Kalau dirumah kita biasa memakai roti tawar sebagai bahan utamnya, kalau roti bakar khas kaki lima ini punya roti specialnya sendiri. Anda bisa memilih sendiri untuk toping roti bakarnya, biasanya ada rasa selai buah-buahan, coklat, keju, susu, dan kacang. Kalau ingin semua rasa ada di roti bakar anda, anda juga bisa pesan khusus lho ke penjualnya. Si abang penjual akan senang hati melayani permintaan anda, tapi tentu saja dengan harga yang berbeda.
5. Singkong Keju
images (1)
Nah, untuk yang satu ini, meski tidak sepopuler teman-temannya sesama jajanan kaki lima, tapi anda akan sering menemukannya di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Bandng. Hampir di setiap sudut kota ini pasti ada penjual singkong keju. Jajanan mengenyangkan ini, meskipun namanya singkong keju, tapi anda bisa memesan rasa lainnya. Tak hanya rasa manis-manis saja seperti coklat, anda juga bisa memesan rasa barbeque sampai balado. Tapi tetap saja anda tetap akan merasakan kejunya, karena singkong keju ini sebelum digoreng sudah di balut dengan adonan tepung keju. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: rifafreedom.wordpress.com; info-wanita.com; panoramio.com; kaskus.co.id; sukuday.blogspot.com)

Tinggalkan Komentar