Roti Gulung Abon, Jajanan Asyik Khas Papua

0
149

Kalau ditanya oleh-oleh dari Papua, pasti banyak orang yang berpendapat ‘koteka’. Nah kalau ditanya lagi makanan khas papua, orang berpikir karena Papua ada di Indonesia Timur, pasti makanan khas disana adalah Papeda. Kalau ditanya lagi, apa jajanan khas Papua? Mungkin tak semua orang bisa menjawabnya.
Tentu saja Papua memiliki jajanan khas, ada kue lontar, aunu senebre, dan roti gulung abon. Nah salah satu yang paling dikenal sebagai oleh-oleh yang paling sering dibawa bagi yang pernah bepergian ke Papua.
Roti gulung abon sepintas terlihat seperti risoles. Besarnya pun hampir sama dengan risoles. Sesuai dengan namanya, tentu saja roti ini sangat penuh dengan abon. Anda bisa membayangkan kalau roti gulung abon ini terbuat dari roti yang diberi taburan abon, lalu digulung, terakhir di taburi dengan abon lagi. Bagi para penikmat abon, roti ini cukup untuk memuaskan dan menambah akan kuliner olahan abon.
Saat dimakan akan terasa manis dan gurih yang bersal dari rasa abonnya. Tekstur rotinya sangat empuk, dan abonnya juga tidak main-main banyaknya. Abon yang biasa dijadikan lauk untuk makan nasi ini ternyata cocok juga dijadikan isi roti. Apalagi dengan paduan rasa dari keju , coklat, tuna, ayam, atau sapi. Dijamin anda bakal ketagihan. Tapi siap-siap untuk kekenyangan, meskipun besarnay hanya sebesar lumpia semarang, tapi roti gulung abon ini benar-benar penuh kalori.
Untuk menikmati sepotong roti gulung abon, anda cukup membayar 10.000 rupiah saja. Sebanding dengan kenikmatan yang anda dapatkan. Roti gulung abon ini juga bisa tahan hingga empat hari. Jika anda ingin menyantapnya lebih baik dipanaskan terlebih dahulu. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: risolkoprol.yukbisnis.com)

Tinggalkan Komentar