Golden Sunrise Bukit Teletubies, Gunung Prau Dieng

0
646
Foto : wisatabaru.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Dataran tinggi Dieng memang tak diragukan lagi keindahannya. Dengan alamnya yang masih asri, kebanyakan para wisatawan memang mengejar sejuk dan segarnya udara Deng sebagai sajian spesial saat menghabiskan liburan. Dataran tinggi Dieng menyimpan sejuta keindahan yang dapat dinikmati untuk melepas penat. Apalagi bagi pendaki gunung, menghilangkan penat berarti sama dengan mendaki gunung.

Dieng sendiri memiliki tempat-tempat eksotis untuk memuaskan hobby mendaki anda. Kebanyakan para pendaki sangat terobsesi untuk mengejar moment sunrise di atas gunung. Salah satu spot yang paling dikenal adalah Bukit Sikunir. Tapi jangan salah, dengan luasnya area Dieng, anda bisa menemukan spot-spot menarik untuk mengejar Golden Sunrise khas Dieng Pleteau.

Gunung Prau Dieng, inilah salah satu spot yang harus anda kunjungi untuk mengejar golden sunrise khas Dieng. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dan Kendal, Jawa Tengah, Gunung Prau memiliki ketinggian 2565 mdpl. Dengan puncaknya yang unik seperti bukit pada film teletubies, tak heran banyak pendaki yang menyebut sebagai bukit teletubies. Rerumputan yang hijau dan subur, dengan kontur tanah yang agak landai, benar-benar seperti ada di dunia teletubies.

Dengan puncaknya yang landai dan berbukit seperti ini, banyak area datar yang bisa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda.  Pada saat musim kemarau, bukit ini akan banyak ditumbuhi bunga-bunga putih yang kecil, indah sekali. Dari atas gunung prau, para pendaki bisa melihat indahnya Dieng secara utuh dari kejauhan, kawah, candi-candi, bahkan jalan-jalan di Dieng dan juga tak ketinggalan, Gunung Sindoro, Sumbing, dan Merbabu.

Puncak Prau sendiri bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 3-4 jam perjalanan. Salah satu rute yang paling mudah untuk mencapai puncak Gunung Prau adalah dengan melalui rute dieng plateau, siti hinggil, bukit bucu, plintangan area, tower anjir, dan berakhir di padang rumput ( savana ) telaga wurung prau.

Tinggalkan Komentar