Kopi Aceh, Seteguk Kehangatan Aceh

0
35

Menikmati secangkir hangatnya kopi khas Aceh adalah salah satu hal yang harus anda lakukan saat berkunjung ke Aceh. Kopi Aceh sangat spesial, apalagi bagi mereka penikmat kopi. Tak ada kopi senikmat kopi Aceh ini. Apalagi menikmati secangkir kopi Aceh sambil berbincang dan bercanda ria dengan keluarga dan teman-teman. Momen yang tak akan pernah anda lupakan selama berkunjung ke Aceh.

Aceh paling terkenal dengan kopi arabikanya, Aceh merupakan salah satu produsen kopi terbesar di Indonesia. Sebanyak 40% dari produksi kopi yang ada di Indonesia berasal dari negeri serambi Mekah ini. Tak heran kalau di Aceh banyak sekali terdapat kedai-kedai kopi. Apalagi kalau anda berkunjung ke daerah Takengon, anda akan banyak menemui pabrik dan kebun-kebun kopi di sini.

Yang membuat secangkir kopi spesial tak hanya dari jenis kopinya saja, tapi tentu saja dari teknik pembuatannya juga. Teknik-teknik pembuatan kopi disini tak ada tandingannya. Meski para barista tak pernah belajar membuat kopi hingga Italia, tapi kopi-kopi yang dihasilkan sangat spesial. Kopi aceh disaring melalui beberapa proses penyaringan hingga menghasilkan kekentalan yang diinginkan sehingga membuat kopi lebih harum dan nikmat.

Banyak warung kopi yang tersebar di Aceh membuat tempat ini dijuluki sebagai Negeri Seribu Warung Kopi. Warung-warung kopi disini juga tak hanya memiliki satu jenis warung. Warung kopi yang paling klasik adalah warung yang memproses kopinya dengan merebus kopinya terlebih dahulu baru disaring dan disajikan. Di warung kopi ini hanya tersedia meja dan kursi saja. Yang kedua mulai menyentuh konsep yang lebih modern, warung kopi ini dikembangkan denan sistem waralaba. Sedang yang ketiga bisa dibilang seperti warung kopi modern. Warung kopi ini memberikan fasilitas yang cukup lengkap, tak hanya fasilitas makanan dan minuman saja, tetapi juga musik, televisi, dan Hotspot area. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com – Foto)

Tinggalkan Komentar