Pulau Tikus, Pulau Eksotis Pemecah Karang Ombak Hindia

0
46
Foto : flamboyannews.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Inilah Pulau Tikus, pulau yang terletak di sebelah barat kota Bengkulu memang mini, hanya berukuran sekitar 0,8 ha, jadi tak heran kalau pulau ini disebut Pulau Tikus karena ukurannya memang kecil seperti tikus. Dulunya pulau ini menjadi tempat berlindung bagi kapal-kapal yang terjebak ganasnya badai Samudera Hindia. Tapi sekarang pulau Tikus bisa menjadi pilihan wisata yang pas bagi anda pecinta wisata laut.

Luasnya pulau Tikus yang tidak terlalu besar membuat pulau Tikus ini memang tidak terlalu cocok dijadikan sebagai hunian bagi masyarakat biasa. Bisa dibilang pulau Tikus ini memang khusus untuk dijadikan tujuan wisata. Saking sunyinya pulau ini, saat anda menginjakan kaki pertama kali di pulau ini, anda akan berasa seperti liburan di pulau pribadi. Anda bisa main sepuasnya disini, tak ada yang menghiraukan anda mau apa disini. karena memang tak ada orang disini kecuali para wisatawan saja.

Banyak hal yang bisa dilakukan disini, mulai dari snorkeling. Dengan dunia bawah lautnya yang masih alami, anda bisa relax terbang di atas kota-kota ikan dan kerang di sini. Meskipun spot snorkeling hanya sedikit, tapi ini cukup memuaskan hasrat menyelam anda. Setelah puas bermain ria di dalam air, anda bisa memancing ikan sambil menyiapkan untuk bersantap siang di pulau Tikus. Ikan-ikan disini cukup banyak tersedia karena banyaknya karang-karang yang menjadi tempat favorite para ikan untuk tinggal.

Di pulau Tikus juga terdapat pantai asir putih yang menjadi tempat langganan para penyu sisik dan penyu hijau untuk bertelur. Ada juga beberapa jenis burung yang dapat dilihat di kawasan tersebut yaitu burung bangau hitam , burung dara laut , burung kwak maling dan burung pecuk padi . Sedangkan flora yang dominan tumbuh yaitu nyampiung , waru, ketapang , kelapa  dan lain-lain.

Baca Juga:  Pantai Panjang, Menikmati Hamparan Pasir Putih Sepanjang 7 km

Pulau Tikus berada sekitar 10 km di sebelah barat Bengkulu. Tentunya untuk menuju pulau ini, anda harus menggunakan alat trasportasi air seperti speed boat ataupun perahu nelayan. Anda bisa naik dari pantai jakat, pantai tapak paderi ataupun dari pelabuhan pulau baai. Jika dari pantai jakat, waktu tempuh adalah ±60 menit, dari pantai tapak paderi ±30 menit dan dari palabuhan pulau baai adalah ±40 menit.

Tinggalkan Komentar