Kupat Tahu, Hidangan Makan Siang Magelang yang Tak Boleh Terlewatkan

0
30

Melintasi daerah Magelang, Jawa Tengah, ada satu kuliner yang wajib anda cicipi. Apalagi kalau sudah masuk waktu makan siang, anda pasti akan menyesal kalau saat makan siang berada di Magelang dan tidak mencicipi kuliner khas Magelang ini, Kupat Tahu namanya.

Kupat dan Tahu, dari namanya saja anda sudah bisa menebak dua bahan dasar kuliner Magelang ini. Benar sekali, tentu saja Ketupat dan Tahu. Tapi tentu saja tak hanya ketupat dan tahu saja yang membuat makanan ini spesial bagi warga Magelang. Ada racikan bumbu khasnya yang membuat kupat tahu ini tak bisa dilupakan bagi orang yang pernah mencicipinya.

Sepintas kelihatannya kupat tahu ini mirip dengan ketoprak khas betawi atau bisa juga gado-gado. Bedanya, bahan-bahan pelengkap yang dimasukan dalam racikan kupat tahu ini lebih sederhana dan tidak banyak sayuran didalamnya seperti yang ada di gado-gado. dan juga yang paling membuat khas kupat tahu ini adalah bumbu kecapnya yang manis-manis gurih.

Kuliner makan siang khas Magelang ini terbilang cukup simple, hanya terdiri tapi irisan ketupat, irisan tahu putih yang sudah digoreng, lalu diberi irisan mentimun, kol, dan tauge. Kemudian disiram bumbu kacang encer, bumbu kecap yang sangat kuat bawang putihnya dan juga tak ketinggalan irisan cabai, bawang goreng, irisan seledri dan juga kerupuk sebagai pelengkap kupat tahu. Rasanya manis gurih, benar-benar paduan yang pas antara hangat lembutnya tahu yang dimakan bersama ketupat, ditambah dengan mentimun, kol, tauge, dan kerupuk yang renyah. Hmmm…benar-benar maknyuusss.

Biasanya harga satu porsi kupat tahu magelang ini dihargai sekitar 6 ribu – 8 ribu rupiah. Makan kupat tahu Magelang di siang hari yang panas sambil ditemani segelas es teh manis segar, benar-benar siang yang sempurna di kota gethuk ini. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com – Foto)

Tinggalkan Komentar