Seblak, Camilan Enak Asli Bandung

0
34

Para penjual makanan di Bandung memang terkenal kreatif, hampir semua jajanan kaki lima khas Bandung bisa ditemukan di penjuru Indonesia, ada batagor, cilok, cireng, siomay, dan seblak. Nah ini dia si seblak, mungkin agak asing kedengarannya, karena memang belum tersebar luas speerti saudara-saudaranya. Tapi mau tidak mau, seblak ini juga merupakan salah satu jajanan kaki lima khas bandung yang digemari oleh warga Bandung.

Seblak ini sepintas terlihat seperti kerupuk yang direndam air, tapi memang itulah seblak. Seblak ini awalnya berupa adonan kanji biasa yang kemudian direbus dan ditumis dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, bawang merah, garam, dan cabai, lalu siaplah seblak ini untuk dinikmati.

Seblak ini ada dua macam lho, kalau yang baru dijelaskan tadi adalah seblak basah, sedangkan untuk seblak keringnya hampir mirip dengan kerupuk. Beda seblak basah dan seblak kering ini ada dalam proses pembuatannya. Kalau seblak basah direbus dalam air, sedangkan seblak kering digoreng dalam minyak setengah panas, sehingga menghasilkan tekstur yang agak keras dan renyah.

Bentuk dari seblak ini juga tak melulu berbentuk pipih bundar, tergantung selera pelanggan yang ingin seblak ini dijadikan seperti apa. Bisa seperti makaroni, bentuk pipih, panajang, oval atau lainnya. sekarang-sekarang ini, seblak juga tak hanya dijadikan sebagai camilan biasa. Seblak mulai dijadikan sebagai pelengkap dalam makanan-makanan lain, misalnya mie bandung. Tentu saja seblak juga bisa dicampur dengan bahan-bahan lainnya, anda bisa berkreasi sesuka hati. Kalau anda suka bakso, anda bisa membuat tumisan bakso seblak, atau bagi anda yang vegetarian, seblak juga cocok dijadikan campuran pada olahan sayuran favorit anda. selamat berkreasi! (Hikari/ensiklopediaindonesia.com – Foto)

Tinggalkan Komentar