Komplek Rumah Dome, Yogyakarta

0
1437
Photo By @jihanbank

Kalau anda berkunjung ke Yogyakarta, sekali-kali cobalah untuk tidak menginap di hotel. Jogja memiliki banyak tempat yang menarik untuk dijadikan tempat menginap. Salah satunya adalah Komplek Rumah Dome.

Kompleks Rumah Dome merupakan kompleks perumahan yang berada di Dusun Ngelepen Prambanan, Sleman. Keberadaan kompleks perumahan dengan bentuk yang unik ini tak dapat dipisahkan dari peristiwa gempa bumi 27 Mei 2006 lalu yang mengakibatkan kerusakan hebat dan ambruknya rumah-rumah warga. Dusun Ngelepen salah satu desa yang terkena dampak yang cukup besar akibat bencana tersebut.

Photo By @rosojiwadbe

Perkampungan yang dahulu dijadikan tempat tinggal warga dusun ini sudah tidak memungkinkan ditempati kembali. Karena kondisi tersebut para penduduk segera dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Melihat keadaan tersebut, pada bulan september 2006 Lembaga Masyarakat Non-Pemerintah dan Domes for The World Foundation memberikan bantuan rumah kepada penduduk dengan donatur tunggal Ali Alabar pemilik Emaar Property Dubai.

Menteri Pemukiman Hidup, Prof. Dr. Alwi Sihab, meresmikan dan menyerahkan Rumah Dome pada tanggal 29 April 2007. Selanjutnya atas kehendak LSM yang membantu Dusun Ngelepen dengan Rumah Dome-nya perkampungan diberi nama New Ngelepen. Rumah dome tersebut hanya satu-satunya kompleks Rumah Dome yang ada di Indonesia, bahkan di Asia.

Photo By @andinugroho_15

Bentuk bangunan yang unik menjadi karakter lokasi wisata Rumah Dome. Bentuknya yang seperti kubah atau setengah telur ini mengingatkan kita akan rumah teletubies, serial boneka yang sangat disukai anak-anak dan pernah booming beberapa waktu lalu. Karena hal itu, tak heran kalau warga yang tinggal di sekitar kompleks Rumah Dome terbiasa menyebutnya Rumah Teletubies.

Di dalam bentuk bangunannya yang unik terdapat berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Rumah Dome seperti struktur bangunan tahan gempa, tahan terpaan angin sampai kecapatan 450 km/jam, dan usianya yang tahan beberapa abad. Selain itu, bangunan ini juga dapat mempertahankan suhu yang sejuk didalam yaitu sekitar 27ºC pada lantai bawah dan 33ºC pada lantai atas.

Baca Juga:  Ngaben, Upacara Pembakaran Jenazah Yang Unik Dari Bali
Photo By @dylant_dementor

Selain melihat bentuk bangunannya yang unik, pengunjung juga dapat  mengunjungi ke berbagai obyek wisata yang letaknya tidak jauh dari komplek Rumah Dome. Obyek wisata yang ditawarkan yaitu Belik Wunut, Belik Cangkok, Tanah Ambles, serta Dome View untuk melihat pemandangan kompleks Rimah Dome dari tempat yang tinggi.

Sedangkan biaya masuk : Rp 1.500,00/orang, paket wisata : Rp 6.000,00/orang (jasa pemandu, jelajah desa, melihat proses pembuatan emping garut, tracking ke berbagai obyek yang ada di sekitar kompleks Rumah Dome), paket homestay : Rp 55.000,00/orang dan paket seni budaya : Rp 200.000,00/orang. (ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar