Kelezatan Tiada Tara Dalam Semangkuk Kecil Soto Kudus

0
33

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang banyak tersebar di Nusantara. Bahkan banyak dari daerah di Indonesia memiliki soto khasnya sendiri. Salah satu soto yang menjadi favorit para penikmati makanan berkuah ini adalah Soto Kudus. Dengan namanya yang sudah terkenal, kini soto kudus tak hanya bisa ditemukan di Kudus, Jawa Tengah saja. Anda bisa menemukan lezatnya soto kudus di beberapa daerah di Indonesia.

Jika beberapa soto memiliki kuah yang pekat, baik itu warna pekat yang berasal dari santan atau bumbu kacang, berbeda dengan soto kudus. Soto yang biasa disajikan dalam mangkuk kecil ini berwarna bening. Namun jangan salah, meski berwarna bening, dijamin jika anda mencicipi kuahnya, anda akan ketagihan karena lezatnya perpaduan bumbu-bumbu yang pas dengan kaldu ayam.

Bahan racikan yang ada dalam semangkuk soto kudus juga sangat simple. Tak ada bihun ataupun kerupuk sebagai tambahannya, yang ada hanya daging ayam yang disuir-suir atau dipotong dadu, tauge, irisan daun bawang, dan taburan bawang goreng. Cara menikmati soto kudus ini bisa dipadukan dengan nasi, lauk pauk seperti tahu tempe bacem, sate telur puyuh, sate usus, empal, dan tak ketinggalan emping. Apalagi jika anda menambahkannya dengan perasan jeruk nipis, kecap dan sambal. Wah lezatnya soto kudus semakin terasa.

Kalau anda ingin membuatnya juga sangat mudah, bumbu-bumbu kuah yang dibutuhkan antara lain bawang ptih, bawang merah, ketumbar, jintan, kemiri, jahe, gula, garam, dan serai. Untuk ayam yang biasa digunakan adalah daging ayam kampung karena rasanya yang cenderung lebih guih dibanding ayam potong biasa. Sedangkan untuk bahan racikannya, ada suiran daging ayam, tauge, daun bawang, bawang goreng, dan jika mau, anda bisa menambahkan irisan telur rebus sebagai lauk tambahannya. Jadi bagaimana? Tertarik untuk mencoba? (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: huruharada.blogspot.com)

Tinggalkan Komentar