Pantai Merah Banyuwangi

0
22
Foto : pegipegi.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Sebut saja ‘Banyuwangi’ di telinga para surferer, pasti dijamin telinga mereka langsung panas. Hal ini terjadi tidak lain tidak bukan karena keberadaan Pantai Plengkung atau G-Land yang disebut-sebut sebagai surganya para surfer di ujung timur Pulau Jawa. Tapi, bukan banyuwangi namanya kalau hanya mempunyai satu tempat surfer. Satu lagi tempat surfer yang cocok bagi peselancar pemula, Pantai Merah.

Pantai yang berlokasi di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran ini memang menyimpan potensi yang luar biasa. Selain ombaknya yang bagus untuk berselancar khususnya bagi para peselancar pemula, Pantai Merah juga memiliki panorama yang tak kalah menarik. Dengan pasir putih kecoklatannya memanjang hingga ±3 km ini, terlihat lebih indah dengan adanya bukit yang menjulang tinggi di ujung pantainya.

Bukit ini dipenuhi batu karang di bawahnya. Saat matahari terbenam akan tampak pancaran sinar yang berwarna jingga kemerahan dari balik bukit itu. Itulah sebabnya dinamakan Pulau Merah. Bagi kalangan penggemar fotografi, sunset pulau merah adalah salah satu spot sunset paling bagus di Banyuwangi. Tidak banyak pedagang asongan yang ditemui disini sehingga pantai ini terlihat bersih dan asri. Pada saat liburan tempat ini akan semakin ramai dikunjungi masyarakat. Setiap pengunjung yang berkunjung pada hari libur akan dikenakan tarif masuk, selain pada hari itu gratis.

Sesampainya di Pantai merah, anda bisa bermain air dan pasir sepuasnya, pasir putih kecoklatannya yang halus membuat anda ingin menyentuhnya lagi dan lagi. Ombaknya yang riuh agak berbahaya bagi anak-anak, tapi menantang bagi para peselancar. Meski tidak sebesar yang ada di G-Land, tapi ombak disini patut diacungi jempol. Dan tentu saja aman karena dasar lautnya yang berpasir halus.

Baca Juga:  Pantai Menganti, Lukisan Alam yang Nyata di Kebumen

Pulau merah berjarak sekitar 80 km dari kota Banyuwangi. Akses untuk menuju lokasi sangat mudah dan cukup jelas dengan adanya rambu-rambu petunjuk arah Pulau Merah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum dari Banyuwangi, terdapat bisminto atau ujang jaya jurusan Pesanggaran, nanti turun di pasar Pesanggaran, setelah itu dilanjutkan menyewa ojek menuju Pulau Merah. Kalau dari arah Jember anda bisa turun di terminal Jajag lalu ganti angkutan bis menuju Pesanggaran. Cukup mudahkan, jadi kapan ke Banyuwangi lagi?

Tinggalkan Komentar