Pulau Sebuku, Keindahan Bawah Laut Selat Sunda

0
33
Foto : merahputih.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Meskipun Indonesia memiliki banyak spot menarik untuk dunia bawah lautnya, namun jarang yang menceritakan tentang indahnya bawah laut Selat Sunda. Kebanyakan wisata bawah laut yang sering dikunjungi biasanya adalah Bali, Lombok, dan Sulawesi. Padahal selain ketiga sepot tadi, banyak sekali spot-spot menarik yang tak kalah indahnya. Salah satu spot menarik yang patut dikunjungi adalah Pulau Sebuku yang berada di Selat Sunda.

Pulau yang secara administratif  berada di kawasan Kalianda, Lampung selatan ini merupakan pulau terbesar di Selat Sunda. Pulau Sebuku adalah pulau tak berpenghuni dengan luas 17,71 km². Dulunya pada 1920-an, pulau ini terkenal sebagai area perkebunan penghasil kopra. Akan tetapi, karena kurangnya pengelolaan menjadikan hasil perkebunan tidak sebesar dahulu.

Pulau ini populer dengan keindahan dunia bawah airnya. Banyak wisatawan yang datang kesini untuk sengaja melakukan wisata bawah air seperti snorkeling dan diving. Selain pemandangan koralnya yang cantik, disini juga terdapat kapal Jepang yang menarik untuk diselami. Panoramanya pantainya pun tak kalah indahnya, pasir putih dan air lautnya yang biru kehijauan siap memanjakan mata anda dan memenuhi memory kamera anda. Dari Pulau Sebuku, Anda juga bisa menikmati pemandangan Anak Gunung Krakatau. Sambil bersantai di pantainya, pemandangan pecahan Gunung Krakatau yang kini berbentuk pulau itu juga bisa dilihat dari jauh.

Sayangnya , meski begitu indah, Pulau Sebuku belum begitu populer sebagai destinasi wisata selam. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Selat Sunda lebih memilih untuk menyelam dan snorkeling di Pulau Rakata, yang dekat dengan Kepulauan Krakatau. Ini menjadikan Pulau Sebuku lebih sepi dan serasa kolam pribadi saat anda berenang di sana.

Baca Juga:  Pulau Weh, Tempat Menyelam Terbaik Yang Tersembunyi Di Balik Karang

Untuk mencapai Pulau Sebuku, Anda bisa menggunakan kapal motor dari Dermaga Canti, Kalianda. Hanya perlu waktu satu jam untuk mencapai Pulau Sebuku. Namun, Anda tidak bisa menginap di pulau ini karena tidak berpenghuni. Untuk menginap, anda bisa mengunjungi Pulau Sebesi yang tak jauh dari sana dan menginap di rumah penduduk.

Tinggalkan Komentar