Air Terjun Payakumbuh Ngarai Harau

0
48
Foto : sudutpayakumbuh.tumblr.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Apa yang pertama kali terlintas dipikiran anda ketika mendengar kata ‘air terjun’? air? Batu besar? Tebing? Kesegaran? Tentu saja itu semua pastinya sudah ter-mindset dalam kepala anda. Indonesia yang populer dengan kekayaan alamnya tak lepas dari kecantikan air terjun yang menyebar di seluruh Indonesia. Dari semua air terjun yang ada di Indonesia, ada air terjun yang diyakini sebagai air terjun tertinggi ketiga se-Indonesia, Air Terjun Payakumbuh Ngarai Harau.

Air terjun ini letaknya berada di tebing Ngarai Harau, di Payakumbuh, Sumatera Barat. Ngarai Harau ini merupakan sebuah lembah yang sangat besar dan dikelilingi tebing-tebing batuan granit setinggi ratusan meter yang diperindah dengan 6 buah air terjun yang masih sangat alami. Akses menuju lokasi sangat mudah dan sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang memukau khas Sumatera Barat, dengan barisan tebing-tebing tinggi pencakar langit diantara persawahan yang hijau menguning.

Air terjun di Ngarai Harau terbagi menjadi 2, yaitu di  Sarasah Bunta dan Aka Barayun. Di Sarasah Bunta terdapat 5 buah air terjun, dan di Aka Barayun cuman ada 1 air terjun. Air Terjun di Lembah Harau ini sangat jernih dan dingin, dan juga ada ikan-ikan kecil. Untuk air terjun di Aka Barayun sudah berupa kolam sehingga berenang jadi lebih enak. Sedangkan yang di Sarasah Bunta penampungan air terjunnya masih alami sehingga bermain di air terjunnya jadi lebih asyik.

Air terjun ini terdapat di sela-sela perbukitan dan lembah harau serta sebuah jurang yang dalam. Air terjun ini bahkan kadang dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu beterbangan, sehingga membuat air terjun ini merupakan kombinasi alam dengan pemandangan yang sangat indah. Di waktu musim hujan, air yang mengalir bertambah deras. Pemandangan sekitar lembah makin menakjubkan kala pelangi turun setelah hujan.

Tinggalkan Komentar