Pulau Sipora, Surga Para Penakluk Ombak

0
36
Foto : pemburuombak.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Hampir sepertiga wilayah Indonesia merupakan perairan yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Banyak sekali potensi-petensi wisata air yang tersembunyi di perairan Indonesia. Mulai dari wisata untuk merelaksasikan pikiran dan tubuh hingga wisata yang menantang adrenalin anda. Satu wisata air menantang yang paling digemari para turis adalah berselancar.  Tentu saja, Indonesia juga memiliki banyak spot-spot menarik untuk memuaskan para peselancara ini, salah satunya adakah di Pulau Sipora, kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Pulau Sipora adalah pulau terkecil dari jajaran kepulauan Mentawai. Beselancar merupakan daya tarik yang paling menjual disini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Sipora pada bulan April hingga Oktober. Namun ombak sipora tetap masih bisa dinikmati sepanjang tahun. Tak heran kalau Pulau Sipora menjadi buruan para peselancar.

Setidaknya ada 5 titik ombak yang menjadi tujuan para surfer diantaranya, Hollow Trees, Lance’s Left, Telescopes, Iceland,dan Scarecrows. Hollow Trees berada di bagian ujung selatan pulau, ombaknya berbentuk silinder (dikenal dengan right tube) ombak ini cocok untuk peselancar yang sudah ahli dengan kemampuan mumpuni karena ombaknya yang tinggi. Bagi para pemula, diharap berhati-hati dengan yang dinamakan The Surgeon Table di titik selancar ini. Hollow Trees tidak dianjurkan untuk peselancar pemula karena tantangan ombaknya hadir bagi mereka dengan keterampilan yang memadai dan ahli.

Lance’s Left juga berada di bagian ujung selatan pulau Sipora, memiliki karakteristik ombak yang kuat dengan dua barrel yang berbeda dan sejumlah zona take-off, dalam kondisi yang sempurna Lance’s Left menjadi salah satu ombak yang paling indah di dunia. Tak heran banyak orang menyebut sebagai  G-Land versi Mentawai. Pergerakan ombak di permukaan laut akibat dari perbedaan tekanan udara dan angin hingga menciptakan zona take-off vertikal dan barrel yang sempurna.

Baca Juga:  Surga Surfing Di Banyuwani, Pantai Plengkung

Sedangkan 3 titik surfing yang lain yaitu Telescopes, Iceland, dan Scarecrows berada di barat laut Sipora, cocok untuk peselancar kelas pemula hingga menengah dengan tipe ombak bergulung dengan lubang di tengah (semi hollow) untuk Telescopes, dan ombak yang membentuk dinding gelombang untuk Scarecrows.

Anda bisa mengunjungi Pulau Sipora dengan menggunakan pesawat charter, atau menggunakan perahu atau speed boat. Perahu biasanya akan menuju Pulau Siberut terlebih dahulu sebelum dapat melanjutkan perjalanan ke Pulau Sipora dan pulau-pulau lain di Kepulauan Mentawai.

Tinggalkan Komentar