Tajin Palapa, Bubur Unik Lezat Asli Situbondo

0
92

Kalau anda kira bubur sayur yang terkenal hanya bubur manado saja, tunggu dulu sampai anda datang ke Situbondo. Situbondo memiliki kuliner khas yang sama sekali anda tidak boleh anda lewatkan. Kuliner sarapan pagi khas Situbondo ini berupa bubur sayur dan diberi bumbu kacang yang lezat.

Tajin Palapa sendiri berasal dari bahasa Madura yang berarti ‘bubur bumbu’. Karena kebanyak warga Situbondo berasal dari Madura, makanya mereka menamai bubur ini dengan bahasa Madura.

Tajin Palapa ini memang benar berbentuk bubur, tapi elas rasanya berbeda dengan bubur yang biasa kita temui. Bumbu yang dipakai untuk membuat Tajin Palapa adalah bumbu pecel, tapi lebih encer, dan jika anda mau, anda bisa menambahkan petis agar lebih terasa gurih. Selain bumbu pecel, ada juga sayuran seperti kangkung dan tauge serta jangan lupa gorengan seperti bakwan sebagai pelengkap lauknya. Benar-benar tak terkira lezatnya.

Cara penyajiannya, pertama tuang bubur di mangkuk, beri kangkung dan tauge, lalu siram bumbu pecelnya dan terakhir diberi irisan bakwan. Anda bisa menambahkan kerupuk agar bertambah meriah acara sarapan anda.

Para penjual Tajin Palapa ini biasanya mangkal di trotoar atau dipinggir jalan seperti di jalan cendrawasih, jalan kenanga dan jalan semeru. Tapi ada juga yang menjajakannya sambil berkeliling ke rumah-rumah. Anda juga bisa menemukan Tajin Palapa saat Pemda Situbonda mengadakan festival kuliner.

Tajin Palapa lebih mudah ditemukan saat pagi hari atau bisa dibilang sebagai menu sarapannya Situbondo. Harganya pun sangat terjangkau, sekitar Rp. 2000,- sampai Rp. 4000,- saja. Tapi kalaupun anda tak sempat membelinya, anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, menarik bukan. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar