Bukit Gundaling, Zamrud Kota Berastagi

0
57
Foto : tripadvisor.co.id

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Salah satu dari beberapa objek wisata yang melengkapi keindahan kota Berastagi adalah Bukit Gundaling. Bukit Gundaling berada di ketinggian 1575 meter dan berjarak 3 km dari pusat kota Berastagi. Bukit Gundaling menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi para wisatawan yang datang ke Berastagi. Dari kota Berastagi, Bukit Gundaling terlihat sangat indah dengan deretan pinus yang menghiasinya.

Asal mula nama “Gundaling”. Menurut cerita masyarakat setempat, dahulu ada seorang pemuda asing yang jatuh cinta pada gadis desa tersebut, namun cintanya kandas karena gadis tersebut dijodohkan dengan pria lain oleh orang tuanya. Pemuda itupun patah hati, hingga ia meninggalkan bukit tersebut dan mengucapkan ‘good bye darling’ berulang, hingga masyarakat sekitar menamainya ‘bukit gundaling’. Perjalanan menuju Bukit Gundaling akan diwarnai dengan pemandangan indah yang memanjakan mata, meski begitu, anda tetap harus berhati-hati karena jalanannya penuh dengan tanjakan dan cenderung sempit serta jurang yang terjal akan kita jumpai.

Sebelum menuju bukit Gundaling, tidak ada salahnya kalau kita singgah sejenak di pasar buah yang berada di Berastagi untuk mencicipi segelas air Tebu yang segar. Tebu yang berasal dari pertanian penduduk setempat ini memiliki warna merah kehitam-hitaman serta memiliki rasa yang sangat manis dan segar. Kita dapat membeli dan melihat langsung proses penggilingan dan penyaringan airnya pada saat kita memesannya.

Berjalan kaki sambil menyusuri puncak bukit Gundaling akan menjadi sensasi tersendiri dan menyenangkan bagi wisatawan. Pasalnya bukit yang banyak ditumbuhi pohon pinus ini menjanjikan udara yang menyegarkan. Tidak hanya pepohonan yang rindang, dipuncak bukit juga terdapat taman yang banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga yang indah serta patung-patung manusia yang memakai baju adat Karo.

Baca Juga:  Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Air Terjun yang Membuat Penasaran

Dipuncak bukit Gundaling juga terdapat sebuah tempat yang disediakan dan berfungi sebagai titik guna memandangi keindahan kota Berastagi dan hamparan perbukitan yang berbaris dengan indah. Tidak hanya itu, kita juga dapat melihat keindahan gunung Sibayak dan gunung Sinabung dari puncak bukit Gundaling tersebut. Ada lagi yang tak kalah seru dan menyenangkan, yaitu menikmati sensasi menunggang Kuda mengelilingi bukit Gundaling.

Bagi anda yang ingin menghabiskan malam yang romantis di Bukit Gundaling,  tidak sulit untuk menemukan tempat-tempat penginapan disekitar bukit Gundaling. Tidak hanya itu, disekitar penginapan tersebut juga banyak terdapat restoran-restoran yang menyediakan makanan dan minuman.

Tinggalkan Komentar