Air Terjun Pria Laut, Hidden Paradise of Sabang

0
735
Foto : pasindo.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Masih di Sabang, kota paling ujung di sebelah barat Indonesia ini memang menyimpan berjuta keindahan yang sayang jika tidak dieksplor, meskipun kota Sabang yang berada di Pulau Weh lebih terkenal dengan keindahan pantai dan dunia bawah airnya, tak ada salahnya jika kita menyusuri alam pegunungan Sabang. Salah satu keindahan yang akan kkta temui adalah Air Terjun Pria Laot. Banyak yang bilang jika Air Terjun Pria Laot adalah surga tersembunyi dari Sabang. Tapi memang benar itu adanya. Jarang sekali orang yang merambah air terjun ini, seakan-akan terabaikan. Meski begitu inilah yang membuat air terjun ini semakin istimewa karena belum banyak dirambah tangan-tangan manusia.

Air terjun pria laot sangat cocok bagi anda yang bosan dengan view pantai yang tersebar di hampir penjuru Sabang. Air tejun ini memang tak terlalu tinggi, hanya sekitar 15 meter saja, selain itu air yang jatuh melewati bebatuan yang tersusun bertingkat-tingkat, sehingga percikan airnya kurang terasa. Tetapi, air yang ada di air terjun ini sangat segar sehingga bisa memberikan anda kesegaran yang alami.

Lokasinya yang berada di hutan membuat udaranya terasa masih segar begitupun airnya. Apalagi ketika anda berjalan kaki menuju lokasi air terjun. Anda masih bisa melihat beberapa satwa-satwa liar seperti kadal kayu, babi hutan, beberapa jenis burung, kelelawar bahkan jika anda beruntung, anda bisa melihat salah satu spesies yang hanya bisa anda temukan di Sabang yakni Biawak laut yang tergolong sebagai hewan endemik.disini terdapat kolam yang dibuat di bawah air terjun, kolamnya memang tak terlalu luas hanya sekitar 10 meter persegi dengan  kedalaman kolam hanya sekitar 1 – 1,5 meter saja. Air yang ada di Air Terjun Pria Laot berasal dari Gunung Sarung Keris dan Danau Aneuk Laot, kemudian mengalir melewati Sungai Pria Laot dan akhirnya jatuh di Air Terjun Pria Laot ini.

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Pria Laot ini berada di Desa Pria Laot, Kelurahan Iboih, Sabang, Nangroe Aceh Darussalam. Jarak lokasi air terjun ini sekitar 12 kilometer jika dihitung dari pusat Kota Sabang. Tempat wisata ini sebenarnya cocok untuk para pecinta tantangan, hal ini dikarenakan trek yang harus anda lalui sebelum tiba di lokasi ini. Untuk menuju Desa Pria Laot sendiri, anda bisa menggunakkan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti angkot, becak motor, atau ojek.

Tinggalkan Komentar