Pantai Popoh, Jajaran Pesisir di Tulungagung

0
615

Jika pantai-pantai di pesisir Pulau Jawa terkenal dengan ombaknya yang ganas karena berhadapan langsung dengan samudera hindia, sedikit berbeda dengan Pantai Popoh yang terletak di Tulungagung. Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki beberapa objek wisata yang cukup menarik seperti Bendungan Wonorejo dan wisata Pantai Popoh. Dan  Pantai Popoh merupakan objek wisata andalan kabupaten ini.

Pantai Popoh ini berbentuk teluk yaitu laut yang menjorok ke darat dan berada di timur Pegunungan Kidul. Pantai Indah Popoh terletak di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Tulungagung yang bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan.

Meskipun pantai ini langsung berhadapan dengan samudera hindia, namun di Pantai Popoh ini ombaknya relatif tenang. Sebenarnya Pantai Popoh terbagi menjadi 2 bagian. Pertama di sebelah timur dengan kondisi pantai penuh batu karang dan ombak yang ganas. Sedangkan di Pantai Popoh sebelah barat ini kondisi pantainya landai dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Pantai Popoh dihiasi pasir putih kecoklatan dengan deretan pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang tepi pantai. Disini selain bisa bermain pasir dan berenang, anda juga bisa memandang ke tengah laut sambl melihat puluhan perahu nelayan yang sedang melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Untuk menuju ke pantai ini cukup mudah, karena akses jalan yang baik dan beraspal. Bila dari Surabaya, sobat bisa mengikuti rute sebagai berikut : Surabaya – Mojokerto – Jombang – Kertosono – Kediri – lalu ke arah pusat Kota.

Dari Tulungagung menuju ke lokasi Pantai Popoh, pengunjung akan melewati daerah perbukitan dengan kondisi jalan menanjak dan berkelok-kelok. Namun jangan kuatir, pemandangan di sepanjang jalan perbukitan ini akan memanjakan mata anda. Hutan jati yang hijau dan asri membuat perjalanan anda akan menyenangkan.

Untuk memasuki kawasan wisata, pengunjung harus membayar tiket sebesar 3 ribu rupiah per orang ditambah biaya parkir kendaraan. Memasuki kawasan pantai terlihat sebuah joglo atau pendopo yang biasanya digunakan sebagai panggung hiburan seperti electone dan kegiatan lainnya.

Bila ingin bermalam di pantai ini, pengunjung bisa menyewa penginapan berupa hotel atau vila dengan tarif antara Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu per malam. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Tulungagung berupa kerajinan marmer dan kerajinan kerang dengan harga bervariasi mulai Rp 3 ribu – Rp 100 ribu. Bagaimana tertarik untuk liburan di Pantai Popoh ini? (ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar