Pantai Liang, Tercantik di Ambon

0
53

Pernah mendengar Pantai Liang? Jika anda pernah ke Ambon pastinya tau pantai ini, kecantikan Pantai Liang membuat pantai ini dijuluki sebagai pantai terindah di Ambon. Pantai Liang sudah terkenal sejak tahun 90 an. Keindahan Pantai Liang memang sering menjadi buah bibir karena kemolekannya, termasuk di antara  kalangan investor asing.  Bahkan karena keindahannya Badan Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) pada tahun 1990 mendaulat pantai Liang ini sebagai tempat terindah di Indonesia.

Pantai Liang terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Saat anda pertama kali melangkahkan kaki di kawasan ini, anda akan disambut oleh pasir putih yang berkilau terkena sinar matahari. Selain itu,  eksotisnya gradasi putih, hijau muda dan biru tua menjadi pemandangan yang sangat memanjakan mata, sangat mempesona.

Pantai Liang atau yang mempunyai nama lain Pantai Hunimua ini juga terkenal sebagai Pantai pasir putih terpanjang di Indonesia.  Di pantai Liang ini, ada bisa duduk beristirahat di bawah rindangnya  pohon sambil menikmati keindahan pantai serta menikmati  minuman dan makanan kecil yang dijajakan oleh pedagang. Ada salah satu bagian pantai, yang disana terdapat sebuat dermaga kayu sederhana yang biasanya beberapa pengunjung terutama anak-anak asyik berloncatan dari atas dermaga dan terjun ke air.

Jika anda ingin mengunjungi Pantai Liang yang berjarak sekitar 40 Km dari kota Ambon ,  anda bisa naik ojek dengan tarif sekitar Rp. 40.000 atau angkutan umum  Bus Trans Amboina rute Hunimua, dengan membayar hanya Rp. 10.000 per orang. Tetapi bila anda pergi bersama teman-teman, sebaiknya menyewa angkutan umum seperti angkot untuk berwisata keliling kota Ambon, selain murah anda juga bisa mengunjungi banyak tempat tanpa mengkhawatirkan keterbatasan transportasi.  Satu angkot biasanya bisa disewa dengan tarif Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 dan bisa menampung  hingga kurang lebih 10 orang.

Baca Juga:  Wisata Keluarga Di Pangandaran

Sayangnya di Pantai Liang ini belum tersedia penginapan, tetapi sebagai gantinya, anda bisa mendirikan tenda bersama teman-teman yang tentu saja harus ijin terlebih dahulu. Atau anda juga bisa menyewa rumah penduduk yang ada di sekitar pantai.

 Selain itu apabila ingin mengunjungi Pantai Liang , sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal,  salah satunya adalah datanglah pada bulan-bulan tenang  yaitu dari  bulan September hingga November atau bulan April hingga Mei. Karena  selain bulan- bulan itu laut cenderung  berombak dan biasanya membuat pantai menjadi keruh airnya. (ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar