Gudeg Yu Djum, Rasa yang Berkelas Hingga Empat Generasi

0
67

Lokasi: Jl. Wijilan, Panembahan, Kraton, Yogyakarta

Jogjakarta memiliki sapaan akrab Kota Gudeg, hal tersebut bukanlah sesuatu yang berlebihan. Cobalah kita tengok setiap sudut kota jenis kuliner ini selalu ada di setiap waktu dari pagi hingga larut malam.  Olahan kuliner dari Nangka Muda atau dalam bahasa jawanya disebut Gori sudah menjadi trade mark kota ini.

Gudeg Yu Djum sebagai salah satu sentra gudeg legendaris di Jogja tentunya memiliki banyak pembeli yang tersebar di seluruh kota Jogja. Dengan banyaknya cabang di berbagai tempat hal ini membuktikan cita rasa yang dimilikinya sudah menjadi favorit warga Jogja dan tentunya wisatawan yang berkunjung di kota budaya ini.

Keunikan dari Gudeg Yu Djum ini adalah pemakaian resep yang dilakukan secara turun temurun hingga empat generasi hingga sekarang ini. Beliau yang sekarang ini berusia sekitar 78 tahun adalah ibu dari 4 orang anak, eyang dari 12 orang cucu dan eyang buyut dari 12 orang buyut. Semuanya bisa memasak gudeg khas mereka yang merupakan warisan.  Beliau  membuka warung gudegnya di mulai dari rumah beliau sendiri di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22 Yogyakarta.

Cita rasa khas gudeg olahan nenek 12 cucu ini tetaplah sama, manis, pedas serta memberikan sensasi gurih dan beraroma sedap dikarenakan beliau hingga sekarang tetap menggunakan cara-cara tradisional dalam memasak kuliner dari buah nangka ini. Mulai dari peralatan masaknya, sampai memasak dengan kayu bakar, serta bentuk dapur yang sederhana, masih dipertahankan. Tingkat kepanasannya pas, sehingga bumbu meresap ke dalam masakan, dan matang dengan sempurna.

Gudeg komplit masih menjadi menu andalah dari Gudeg Yu Djum hingga sekarang ini. Gudeg komplit terdiri dari  nasi, gudeg, sambel krecek, ayam, ati ampela dan telur rebus.  Apabila anda ingin memilih jenis menu sesuai keinginan anda pun bisa. Harganya pun tak terlalu mahal, antara Rp 6.000 hingga Rp 35.000 untuk makan di tempat.

Baca Juga:  Anoa, Satwa Endemik Khas Sulawesi

Anda ingin menu Gudeg Yu Djum sebagai buah tangan buat keluarga di rumah? Tak perlu berpikir panjang, di sini sudah tersedia paket gudeg untuk buah tangan yand dikemas dalam besek atau kendil unik menarik. Variasi harga pun ada sehingga anda tidak bingung untuk memilihnya.

Mulai harga Rp. 35.000,- (paket hemat) hingga Rp. 180.000,-  (berisi lengkap gudeg, krecek, ayam 1 ekor dan telur 10 butir.). sedangkan Olahan gudeg untuk paket buah tangan dapat bertahan hingga 2 hari, dan bisa lebih bila disimpa di dalam lemari es.

Gudeg Yu Djum bisa dijumpai di 3 lokasi di Yogya, yaitu di Jalan Solo, Karangasem, dan Jalan Wijilan. Jika menemukan cabang lain yang menggunakan nama Yu Djum juga, maka bisa jadi itu adalah salah satu cucunya yang membuka rumah makan sendiri. (aanardian/ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar