Kepulauan Anambas, Kepulauan Tropis Terindah di Indonesia

0
36

Siapa mengira, kalau salah satu kepulauan di Indonesia pernah menjadi 4 kepulauan terindah di Asia. Dilansir dari CNN.com edisi Sabtu 14 April 2012, Kepulaun tropis Anambas dipilih sebagai pulau tropis terindah di Asia versi CNN.com. Kepulauan Anambas berada di peringkat teratas diikuti kemudian oleh Koh Chang (Thailand), Langwaki (Malaysia), Halong Bay (Vietnam), dan Similan (Thailand). Pulau-pulau tropis dipilih berdasarkan keindahan hamparan laut biru yang luas, lokasi menyelam terpencil, biota laut yang beraneka ragam, dan kealamian pulaunya.

Kepulauan Anambas berlokasi di Pulau Batam yang sangat terkenal di kalangan pecinta snorkeling dan diving. Pulau Bawah yang merupakan pulau utama di Kepulauan Anambas, adalah pulau yang tidak berpenghuni dengan laguna alami dikelilingi hamparan air biru jernih serta karang yang indah. Selain itu, ada juga bangkai kapal “Tujuh Langit” dan “Igara” yang karam di perairan ini sehingga menjadi magnetbagi para penyelam sekaligus istana bagi berbagai biota laut. Jangan cuma berjalan di pesisirnya saja, coba anda telusuri lebih jauh lagi ke pedalamannya, ada air terjun raksasa dan tempat rekreasi terpencil yang luar biasa indahnya.

Ada juga Laguna Pulau Bawah yang menjadi primadona disini. Laguna adalah semacam danau air laut yang terpisah dari lautan lepas karena bentang alam yang membentuknya. Laguna di gugusan Pulau Bawah dibentuk oleh gugusan pulau di tengah lautan lepas. Airnya berwarna biru jernih. Pemandangan di dasar laguna termasuk ikan-ikan dapat terlihat jelas dari permukaan air.

Kepulauan Anambas secara administratif adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, dengan  Terempa sebagai ibukotanya. Wilayah Kepulauan Anambas 98,73 persennya adalah lautan dengan 238 pulau. Kebanyakan pulau-pulau tersebut memiliki pantai yang sangat indah, alami, dan tidak berpenghuni. Pulau terbesar dalam gugusan, yakni Pulau Bawah yang berpantai pasir putih.

Baca Juga:  Pantai Pok Tunggal, Potensi Wisata Pantai Baru di Wonosari

Sayangnya Kepulauan Anambas masih kurang begitu dikenal di dalam negeri. Akan tetapi, di tengah wisatawan mancanegara, Pulau eksotik ini sudah lumayan dikenal. Ini terbukti dengan lebih banyaknya wisatawan asing yang berkunjung dibandingkan wisatawan lokal. (ensiklopediaindonesia.com) (foto: ranselwisata)

Tinggalkan Komentar