Telaga Ngebel, Keindahan di Kota Reog

0
32

Pastinya anda sudah tak asing lagi dengan kesenian Reog Ponorogo. Kesenian yang pernah di klaim sebagai kesenian dari negara tetangga ini adalah asli dari Indonesia yang berasal dari sebuah kabupaten di pulau Jawa yaitu Kabupaten Ponorogo. Ternyata selain menyimpan kebudayaan yang menarik, Ponorogo menyimpan sejuta pesona wisata yang sayang untuk tidak dikunjungi. Kabupaten Ponorogo memiliki banyak obyek wisata alam diantaranya Telaga Ngebel, Puncak Pringgitan, Air Terjun Pletuk, Beji Sirah Keteng, Taman Wisata Ngembag, Gunung Bayangkaki, Air Terjun Toyomerto, Guwa Lowo, dan Air Terjun Juruk Kleteng.

 Salah satu obyek wisata alam yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Ponorogo adalah Telaga Ngebel.  Telaga Ngebel adalah sebuah danau alami yang terletak di kaki gunung Wilis , tepatnya di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Telaga Ngebel terletak sekitar 30 km dari pusat kota Ponorogo dengan suhu antara 20 – 26 derajat celcius jadi tak heran kalau udara disini sangat sejuk dan bersih karena masih terjaga dari polusi udara.  Air di Telaga Ngebel berasal dari berbagai sumber. Sumber air yang cukup deras berasal dari Kanal Santen. Selain itu, juga terdapat sungai yang mengalirinya, yang mana dibagian hulu sungai terdapat air terjun yang diberi nama Air Terjun Toyomarto.

 Tiket masuk obyek wisata Telaga Ngebel cukup terjangkau, hanya dengan Rp 4000,00 pengunjung dapat menikmati pemandangan menakjubkan dengan udara yang sejuk. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, di sekitar Telaga Ngebel sudah menyediakan akomodasi berupa penginapan-penginapan yang tidak jauh dari telaga. Fasilitas lainnya, terdapat taman bermain untuk anak-anak dan wahana flying fox serta wahana lainnya. ada juga camping ground berupa lapangan yang biasa dijadikan sebagai lokasi perkemahan. Selain itu, pengunjung dapat menikmati makanan khas yang dijajakan di rumah makan yang berjajar di pinggir telaga. Makanan khas disini berupa ikan nila yang tentu saja ditangkap langsung dari telaga. Paling pas menikmati ikan nila bakar dengan nasi putih hangat atau nasi tiwul di pinggi danau. Selamat berlibur! (ensiklopediaindonesia.com) (foto: simonphotograph)

Tinggalkan Komentar