Mahasiswa Indonesia memenangkan kontes robot internasional di Amerika Serikat

0
41

Tahun 2012 menjadi tahun yang tak terlupakan bagi Tim Mahasiswa Bandung dari tiga universitas, pasalnya pada tahun itu tepatnya pada 30 Maret-1 April 2012, mereka berhasil membawa pulang 8 gelar juara di ajang Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest, Connecticut, Amerika Serikat.
Mereka berasal dari Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi (IT) Telkom, dan Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Salah seorang pembimbing tim robot dari Unikom, Yusrila Kerlooza, mengatakan robot-robot tim mahasiswa Indonesia berlaga di sejumlah kategori.
Di kategori Fire-Fighting, robot yang dipakai bisa beroda atau berkaki. Tim robot dari IT Telkom Bandung yang membawa tiga buah robot beroda, dua di antaranya menjadi kampiun. Tim Hamazar menjadi juara pertama, diikuti tim Garuda sebagai pemenang kedua. Mereka berlaga di kategori Fire-Fighting Senior Division.
Pada kategori Fire-Fighting Walking Division, Indonesia memborong semua gelar robot pemadam berkaki itu. Juara pertama diraih tim Arjuna dari IT Telkom. Pemenang kedua dan ketiga diperoleh tim Yaqut dan tim Aqabah dari ITB.
Di divisi RoboWaiter yang terbagi menjadi kategori Entry Level danAdvanced, giliran robot dari Unikom yang berjaya. Tim Unikom menyabet juara pertama RoboWaiter Entry Level dan juara pertama serta kedua di kategori RoboWaiter Advanced. Pada divisi RoboWaiter, kata Yusrila, robot bertugas menjadi pendamping orang yang memiliki keterbatasan (disable).
Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest yang digelar ke-19 kalinya itu diikuti 130 tim yang bertanding pada berbagai kategori, sepertiJunior Division, High School Division, Walking Division, RoboWaiter Entry Level, dan RoboWaiter Advanced. Selain tuan rumah Amerika Serikat, pesaing tim mahasiswa Indonesia di antaranya berasal dari Portugal, Israel, dan Cina. (inloveindonesia.com)

Baca Juga:  Ricky Elson, Sang Putra Petir Kebanggaan Indonesia

Tinggalkan Komentar