Bongko Kopyor, Takjil Manis Khas Gresik

0
75

Sudah menjadi tradisi jika saat bulan Ramadhan, akan muncul berbagai kuliner khas Ramadhan di banyak daerah. Gresik yang terkenal dengan Nasi krawunya pun tak mau kalah. Jika nasi krawu terkenal sebagai menu sarapan khas Gresik, maka si manis Bongko Kopyor menjadi kuliner khas berbuka puasa di sini.
Bongko kopyor ini sangat unik, dari namanya, Bongko Kopyor berarti Bubur, nangka dan kopyor. Sudah bisa terbayang bagaimana lezatnya bongko kopyor ini kan. Kuliner manis ini hanya bisa ditemukan di Gresik saja dan hanya pada bulan Ramadhan saja. Jadi jika anda sedang berkunjung ke Gresik, jangan sampai terlewat untuk membeli bongko kopyor.
Sepintas bongko kopyor terlihat seperti bubur sum-sum, tapi dengan isian yang sangat menggoda. Ada irisan pisang, daging kelapa muda (degan/kopyor), irisan roti, atau bubur mutiara sesuai dengan selera anda. Semuanya itu terbungkus dalam daun pisang yang disematkan dengan lidi kecil. dari luar nampak seperti kue nagasari.
Bongko kopyor sangat pas menjadi menu takjil, selai rasanya yang manis, bongko kopyor juga sangat mengeyangkan sehingga bisa jadi menu penunda lapar yang efektif. Harganya pun sangat terjangkau, anda bisa mendapatkan satu porsi bongko kopyor hanya dengan merogoh kocek 3000-5000 rupiah saja.
Jika anda penasaran dengan bongko kopyor tanpa harus datang ke Gresik, anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
Bahan:
1.000 ml santan
200 gram gula pasir,
2 lembar daun pandan
setengah sendok teh garam,
350 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
10 buah pisang raja yang tua
Daging kelapa muda, irisan roti, atau bubur mutiara
daun pisang untuk pembungkus
lidi untuk menyemat
Proses pembuatan:
1. Campur tepung beras, tepung sagu, dan santan, lalu aduk hingga rata.
2. Didihkan sisa santan, gula pasir, daun pandan, dan masukkan larutan tepung beras.
3. Aduk adonan hingga lembut dan masukkan potongan pisang raja dan bahan pelenkap lainnya.
4. Ambil selembar daun pisang, kemudian masukkan dua sendok makan adonan, bungkus, semat dengan lidi, dan kukus hingga matang.
5. Bongko siap dihidangkan sebagai menu berbuka puasa. (ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar