Uji Nyali Seru Naik Gondola di Pantai Timang Yogyakarta

0
477
Photo By @rama_rizki_

Sudah bukan hal yang asing lagi kalau Gunung Kidul termasyhur dengan pantainya yang eksotis dengan pasir putihnya yang halus dan bersih. Sebut saja Indrayanti, Sundak, Nglambor, Pok Tunggal, Jogan, Siung, semua pantai tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan banyak yang beranggapan jajaran pantai di Gunung Kidul tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali. Salah satu pantai unik yang tak boleh terlewat saat berkunjung ke Gunung Kidul adalah Pantai Timang.

Pantai Timang merupakan yang terletak di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Pantai Timang memiliki karakter yang tidak jauh berbeda dengan Pantai Gunung Kidul yang lainnya.

Photo By @dhamarsigit

Perpaduan putihnya pasir pantai dengan jajaran tumbuhan pandan di sisinya menjadi pemandangan yang khas yang selalu Anda akan temui di pantai-pantai Gunung Kidul. beragam biota laut pun bisa Anda temui disini. tapi yang membuat beda dan unik Pantai Timang dengan lainnya adalah pulau karang bernama Pulau Panjang plus dengan keberadaan Gondola atau kereta gantung yang digunakan untuk menyebrang dari Pantai Timang ke Pulau Panjang. Tapi jangan pikir kalau Gondola disini adalah gondola modern dengan berbagai peralatan canggih yang menyertainya.

Gondola Pantai Timang memiliki panjang kurang lebih 100 meter. Dibuat dengan bahan-bahan yang sangat sederhana. Gondola yang biasa digunakan untuk mengangkut orang ini hanya terbuat dari kayu yang dibentuk seperti kotak dan tambang yang digunakan sebagai penghubungnya.

Photo By @pikoazri

 Sebenarnya, kereta gantung ini bukanlah fasilitas yang disediakan untuk kegiatan wisata. Kereta gantung tersebut dibuat pada 1997. Pada awalnya kereta gantung digunakan nelayan untuk memudahkan mencari lobster di pantai panjang. Namun meski usianya sudah tua, pengelola Pantai Timang selalu melakukan pengecekan berkala untuk menjaga keamanan kereta gantungnya. Bagi Anda yang ingin menguji nyali anda dengan menaiki Gondola Kayu, Anda harus mengkonfirmasi pada pengelola minimal sehari sebelumnya. Mereka akan mengecek keamanan dan mencobanya terlebih dahulu agar aman bagi wisatawan. (ensiklopediaindonesia.com)

Baca Juga:  Tanah Merah Tanjung Harapan Samboja, Keindahan antara Cemara dan Laut

Tinggalkan Komentar