Candi Abang, Si Bukit Teletubies Asli Jogja

0
54

Bukit Teletubies, saat anda mendengar kata ini, pastinya anda langsung teringat empat karakter lucu saat anda masih kecil, Teletubies. Mereka dikenal sebagai idolanya anak-anak tahun 90’an. Tak hanya karakternya saja yang menarik, rumah dan lingkungan tempat mereka tinggal pun banyak yang mengidam-idamkannya. Di Indonesia sendiri, ada beberapa kawasan wisata yang sangat mirip dengan bukit Teletubies, salah satunya adalah Bukit Teletubies Candi Abang.

Candi Abang terletak di dusun Candibang, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Barong, Candi dan Candi Ratu Boko.

Candi ini dinamakan Candi Abang karena candi ini dibangun dengan batubata merah, ‘abang’ dalam bahasa Jawa berarti ‘merah’. Candi ini memeiliki bentuk mirip piramid dan berukuran 36 m x 34 meter. Namun saat Anda berkunjung kesini mungkin akan bingung karena Anda hanya akan menemukan sebuah gundukan tanah yang sudah tertutupi oleh rumput hijau. Bahkan gunudukan ini lebih mirip dengan bukit teletubies. Tapi inilah Candi Abang tersebut.

Saat pertama kali ditemukan, terdapat arca dan alas yoni lambang Dewa Siwa berbentuk segidelapn yang berukuran 15 cm. sedangkan pada bagian tengahnya terdapat sumur dan tangga yang terbuat dari batu gamping. Selain itu juga ditemukan batu andhesit di sekeliling candi ini. Namun sayangnya, alasan dibuatnya Candi Abang belum terungkap secara jelas.

Karena bentuknya yang mirip sumur, beberapa orang beranggapan bahwa candi ini digunakan untuk menyimpan harta karun. Hingga hal ini membuat beberapa orang berusaha menggali candi ini pada tahun 2002. Dari temuan penggalian tersebut, diduga Candi Abang merupakan candi Hindu yang dibangun pada masa kerajaan Mataram Kuno pada abad 9 dan 10. (ensiklopediaindonesia.com) (foto: rumputliar.photography)

Tinggalkan Komentar