Blayag, Kuliner Yang Mulai Tergusur di Bali

0
109

Kalau Anda sedang berkunjung ke Bali, kuliner apa yang ada di pikiran? Sate lilit atau Ayam Betutu? Kalau dua kuliner itu sudah terlalu biasa, cobalah Anda menjelajah Bali untuk menemukan Blayag.

Blayag merupakan salah satu makanan khas masyarakat Bali khususnya Buleleng yang kini keberadaannya semakin jarang ditemui. Masalah lama yang biasa ditemui adalah modernisasi dan persaingan pasar makanan yang menyebabkan masyarakat tidak mengembangkan kuliner lokal. Semakin banyak makanan modern sehingga kuliner khas lokal seperti Blayag mulai tergusur keberadaannya.

Padahal, Blayag tidak akan kalah dari makanan-makanan modern itu. Selalu ada rasa yang khas dan istimewa saat menyuapi sesendok blayag. Blayag sendiri adalah makanan yang berupa potongan lontong yang disiram bumbu kental, diberi kacang kedelai, urab sayur dan suwiran ayam goreng. Meski sangat simple, tapi bicara rasa, benar-benar bikin kangen.

Cita rasanya yang tak terlupakan, membuat Blayag kembali di cari masyarakat. Secara berangsur-angsur kuliner ini kembali muncul. Ini bisa dilihat dari antrian pembeli yang mampir ke penjual Blayag.

BAGIKAN
Berita sebelumyaSitu Bagendit
Berita berikutnyaLontong Krubyuk Karimun Jawa

Tinggalkan Komentar