Situ Bagendit

0
125

Situ Bagendit merupakan danau yang dilingkungi kawasan yang masih alami, dikelilingi persawahan dan perkampungan penduduk dengan latar panorama alam pegunungan yang indah.dengan luas kurang lebih 24 Ha, Situ Bagendit terletak sekitar 4 km dari pusat kota Garut, Jawa Barat.

Situ Bagendit memeliki legenda di dalamnya, konon Situ Bagendit merupakan danau yang terjadi akibat kekikiran Bagende Endit yang kaya raya. Janda yang pelit itu tidak mau berbagi dengan warga lainnya, membiarkan tetangganya kelaparan, dan menghardik setiap pengemis yang datang padanya.

Sampai suatu ketika, seorang kakek yang dianiayanya karena meminta minum, akhirnya menancapkan tongkat yang ketika ditarik dari tanah menyemburkan air yang berlimpah ruah sampai membentuk danau. Bagende Endit yang sibuk menyelamatkan hartanya akhirnya terkubur dan tenggelam bersama kekayaannya.

Banyak aktivitas yang biasa di lakukan di Situ Bagendit, berlayar ke tengah situ dengan menggunakan rakit, bermain sepeda air, kano dan memancing.

Airnya yang biru dan jernih menjadi pemandangan yang sangat populer disini, meski keadaan yang kurang terawat karena banyaknya eceng gondog yang ada di sisi danau.

Untuk fasilitas di Situ Bagendit sudah cukup lengkap. Di obyek wisata ini tersedia kedai makanan dan minuman, tempat bernaung (Gazebo), Mushola, tempat bermain anak-anak dan toilet.

Tinggalkan Komentar