Taman Rekreasi Agrowisata Sondokoro, Karanganyar

0
41

Apa sih Agrowisata Sondokoro itu ? Agrowisata Sondokoro yakni tempat rekreasi sambil belajar yang terletak di Desa Buran, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, kalau dari Kota Surakarta jaraknya sekitar 12 km. Taman rekreasi ini berdiri di sebuah komplek Pabrik Gula Tasikmadu yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah obyek wisata, Pabrik Gula ini dibangun pada masa pemerintahan KPAA Mangkunegara IV, peninggalan di masa kepemimpinan KPAA Mangkunegara trsebut dapat juga kita lihat di area agrowisata ini berupa Loco Doen, Kremoon (gerbang kereta yang dipakai oleh KPAA Mangkunegara IV meninjau perkebunan tebu), dan Lorri Bader. Lingkungan agrowisata ini terbilang asri, kawasan teduh karena banyak pepohonan tinggi besar tumbuh menciptakan kesejukan di area agrowisata ini, hal ini tentu saja dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Anda akan melihat perpaduan konsep tempo doeloe dari bangunan serta alat-alat kuno dengan sentuhan modern yang harmonis disini. Bangunan tua dari Pabrik Gula Tasik Madu Karanganyar ini tidak hanya menakjubkan, karena meski sudah termakan usia, tampilannya masih saja menarik dipandang, selain bisa menikmati fisik bangunan yang bagus untuk dijadikan obyek foto, Pengunjung Agrowisata Sondokoro ini bisa menyaksikan secara langsung proses produksi gula di pabrik tersebut.

Taman rekreasi seluas kurang lebih 28 Hektar ini dilengkapi pula dengan belasan lokomotif tua yang difungsikan sebagai salah satu layanan bagi pengunjung agrowisata, anda bisa berkeliling kawasan agrowisata, melihat-lihat ladang tebu dengan naik kereta api uap yang kuno. Anda akan dibawa bernostalgia atau flashback membayangkan aktifitas para pekerja kebun tebu di masa lalu, anda juga akan dibawa untuk melihat langsung mesin penggiling tebu yang masih berfungsi hingga saat ini.

Baca Juga:  Masjid Al Irsyad, Masjid Kubus Unik Dari Bandung

Kereta yang anda tumpangi untuk berkeliling adalah Kereta tebu buatan Jerman tahun 1920 dengan bahan bakar kayu, harga tiketnya pun terjangkau hanya bekisar mulai dari Rp. 3000,-, ada pilihan tour jika anda berniat berkeliling menggunakan kereta yang tersedia.

Selain itu ada banyak pilihan melepas penat lain yang tak kalah serunya yang wajib anda coba satu-persatu di kawasan taman rekreasi ini. Cobalah sensasi refleksi ikan dimana anda bisa merendam kaki atau berendam seluruh badan di sebuah kolam yang berisi puluhan ikan-ikan kecil yang akan mendekati anda, menggigit-gigit kecil tubuh anda sehingga timbul sensasi bagai dipijat. Ada pula kolam renang, flying fox, wahana permainan, restoran, dan lain-lain, soal penginapan anda tak perlu bingung, ada banyak tersedia cottage dan penginapan yang sesuai dnegan kebutuhan anda. 

Tinggalkan Komentar