Pantai Teluk Penyu, Cilacap

0
337

Pantai Teluk Penyu merupakan salah obyek wisata yang paling dikenal di Cilacap,  Jawa Tengah. Selain didukung dengan panorama yang indah, Teluk Penyu juga berad di kawasan wisata utama di Cilacap, bersebelahan dengan Benteng Pendem dan Pulau Nusakambangan. Benteng Pendem sendiri merupakan bekas markas pertahanan tentara Belanda, sedangkan Pulau Nusakambangn dikenal sebagai ‘pulau penjara’. Nusakambangan bisa kita kunjungi menggunakan perahu yang disewakan para nelayan disekitar pantai tersebut.

Dibalik namanya, Pantai Teluk Penyu memang memiliki sejarahnya sendiri. Menurut cerita masyarakat setempat dulunya di Pantai Teluk Penyu ini banyak terdapat penyu yang hidup dan berkembang biak. Namun kini penyu-penyu tersebut berimigrasi ke Bali dan Lombok karena padatnya lalu lintas kapal-kapal milik Pertamina.

Kondisi Pantai Teluk Penyu yang cukup sejuk dan tidak terlalu panas menjadi alasan uatam kenapa penyu-penyu itu datang untuk bertelur. Terlebih didukung dengan tidak adanya hewan predator yang mau memakan penyu-penyu tersebut. Karena banyaknya penyu-penyu di pinggir tepi pantai maka pantai ini disebut Pantai Teluk Penyu.

Teluk Penyu memiliki kontur pantai yang landai sehingga para pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas disini seperti berjemur, bermain bola, berlain, bermain voli pantai, bahkan membuat istana pasir. Disini juga terdapat banyak beton-beton pemecah ombak yang bisa dijadikan untuk duduk sambil menikmati angin laut, tempat lompatan untuk berenang, dan banyak juga yang menggunakan pemecah ombak ini sebagai tempat untuk memancing.

Pantai Teluk Penyu juga terkenal dengan tradisi sedekah laut-nya. Setiap tahun, Teluk Penyu sellu dipadati wisatawan yang ingin melihat bagaimana prosesi sedekah laut tersebut. Tradisi sedekah laut merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki dan perlindungan berupa keselamatan saat melaut. Tradisi ini juga sebagai wujud penghormatan kepada Ratu Pantai Selatan, Nyai Roro Kidul. (Hikari/ensiklopediaindonesia)

Tinggalkan Komentar